Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

UI Pergurun Tinggi Terbaik Indonesia versi Webometric

ant/afp, Senin, 1 Agustus 2011 | 20:27 WIB

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) terpilih sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometric yang dikeluarkan pada 31 Juli 2011.

"UI menduduki peringkat pertama di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono, di Depok, Senin.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam Top South East Asia versi Webometric yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 16), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (peringkat 18), Universitas Gunadarma (peringkat 19), Institut Pertanian Bogor (peringkat 31).

Webometric merupakan sistem perankingan universitas sedunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 20.000 website perguruan tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Berdasarkan penilaian Webometrics Ranking of World Universities yang dikeluarkan pada 31 Juli 2011, Universitas Indonesia (UI) adalah peringkat Pertama di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik.

Vishnu mengatakan, website www.ui.ac.id berhasil memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri dari empat indikator yaitu Size (bobot 20 persen) berupa jumlah laman yang terhubung oleh 4 search engines yaitu Google, Yahoo, Live Search/Bing dan Exalead. Indikator berikutnya adalah Visibility (bobot 50 persen) yang mengukur jumlah total tautan eksternal yang diterima.

Indikator ketiga adalah Rich files (bobot 15 persen), dilihat dari jumlah muatan file (seperti Adobe Acrobat, PostScript, Microsoft Word dan Microsoft Power Point) dalam website universitas dan terindeks oleh Google.

Indikator keempat adalah Scholar (bobot 15 persen) yang mengukur jumlah karya ilmiah dan rujukan di Google Scholar.

Dikatakannya, keberhasilan UI dalam meningkatkan kualitas website diharapkan dapat mendukung perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia yang berbasis Teknologi Informasi serta dapat diakses oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Pada tahun 2011, selain sebagai peringkat pertama laman terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric, UI juga satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dengan menempati peringkat keenam versi lembaga pemeringkatan kelas dunia, QS Asian Top Universities pada bulan Mei 2011. (tk/ant)

BAGIKAN