Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

WO Sriwedari akan Tampil di Gedung Pewayangan Jakarta

Gora Kunjana, Sabtu, 1 April 2017 | 10:42 WIB

JAKARTA- Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, bekerjasama dengan Triardhika Production, akan mementaskan grup Wayang Orang (WO) legendaris ‘Sriwedari’ di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur, pada Selasa, 25 April 2017 mendatang.

 

Pergelaran mengusung cerita "Mintaraga" dengan penekanan tema; interested menjunjung jati diri budaya bangsa. Lakon tersebut terinspirasi dari Serat Arjunowiwaha, yang kemudian menjadi lakon utama dalam pertunjukan ini. Pementasan ini berkaitan dengan acara Kongres IX Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), yang digelar di Jakarta.

 

“Dengan semangat menjaga budaya, kami ingin memberi ruang apresiasi melalui pementasan Wayang Orang Sriwedari. Seni tradisi sebagai ungkapan kehidupan yang tidak hanya mengandung tatanan estetika, namun juga pandangan hidup, tata nilai dan identitas diri,” papar Produser Triardhika Production, Eny Sulistyowati SPd MM kepada wartawan, di kantornya, di Jakarta Selatan, Jumat (31/3).

 

WO Sriwedari, terang Eny, merupakan komunitas seni budaya paling fenomenal, yang kini usianya menginjak 107 tahun. “Walau terimbas oleh dinamika zaman, grup kesenian ini tetap eksis menjaga marwah dan kegemilangannya,” ujar Produser, yang juga ikut berperan sebagai Batari Supraba, dalam pementasan ini.

 

WO Sriwedari pernah mengalami masa keemasan. Yaitu di masa Rusman, Darsi, dan Surono, sebagai penggiat Wayang yang paling banyak dikenang oleh pecinta Wayang Orang. Wayang Orang Sriwedari mempunyai kekuatan pada tokoh tokohnya, di samping konsep garapan.

 

“Kami ingin menunjukkan bahwa Wayang Orang Sriwedari sebagai kesenian tradisional, mampu eksis dan berkembang sesuai zaman. Dari segi artistik, bobot isian cerita, pola penggarapan, dan visual panggung, kami terus mencoba menggali warna-warna baru dengan tetap berpola pada kekuatan klasik Wayang Orang,” terang Agus Prasetyo SSn, Sutradara, sekaligus pemeran tokoh Mintaraga.

 

Pergelaran "Mintaraga" Wayang Orang (WO) Sriwedari ini, juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Surakarta. “Pemerintah Kota Surakarta, khususnya Dinas Kebudayaan, sangat mengapresiasi dan menyambut gembira dengan diundangnya Wayang Orang Sriwedari untuk pentas di Jakarta, dalam rangka Kongres Ke-IX Senawangi,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Surakarta, Sis Ismiyati.

 

Menurut Sis Ismiyati, sebagai warisan leluhur bangsa, Wayang seharusnya dilestarikan dan diberdayakan. “Kami mendukung agar WOS (Wayang Orang Sriwedari) juga menjadi ikon dunia, sebagaimana Wayang mendapat pengakuan dan penghargaan di Badan Dunia PBB-UNESCO. Tampilnya WOS nanti diharapkan dapat membuka mata hati dan pikiran, bagaimana kita dapat menghargai sejarah; warisan leluhur bangsa,” ujarnya.

 

Selain Agus Prasetyo dan Eny Sulistyowati, pergelaran Wayang Orang berdurasi 120 menit ini, juga didukung seniman Wayang profesional lainnya, diantaranya, Wasi Bantolo SSn berperan sebagai Kiratarupa, dan Heru Purwanto SSn, bertindak sebagai Batara Guru.

 

Naskah ditulis Billy Aldi Kusuma, Penata Karawitan Nanang Dwi Purnama dan Pujiono SSn, serta Penata Artistik Supriyadi SSn. Asisten Sutradara Dhestian Wahyu Setiaji SSn, Koordinator Tari Mahesani Tunjung Seto SSn, Penata Rias dan Busana KRT Hartoyo Budayanagara SSn,  Produser Pelaksana M Ardhika Argameru, Pimpinan Produksi Dhestian Wahyu Setiaji, Humas & Publikasi Eddie Karsito, dan Fajar Darmanto.

 

Arjuna jadi Pertapa

Lakon “Mintaraga” mengisahkan perjalanan Arjuna ketika menjadi pertapa bernama ‘Ciptoning’ [Mintaraga]. Dalam pertapaan, Arjuna banyak menghadapi berbagai ujian dan cobaan oleh Dewa. Hal ini untuk menguji seberapa besar keteguhan hatinya.

 

Diantara cobaan tersebut, adalah munculnya Bidadari Batara Indra yang menyamar sebagai Resi Padya, hingga hadirnya Batara Guru. Namun keduanya ternyata tak mampu menggoyahkan tekad Arjuna.

 

Keteguhan inilah yang kemudian mendorong Dewa untuk memilih Arjuna menjadi Kesatria sebagai alat Dewa untuk menumpas keangkaramurkaan; dalam hal ini Niwatakawaca, Raja Raksasa yang berani melawan kodrat -- dengan ingin mempersunting Dewi Supraba. Dengan tugas ini, Arjuna mendapat julukan jagoning Dewa.

 

Berbekal pusaka panah Pasopati pemberian Dewa dan Supraba sebagai pendampingnya, Arjuna dapat menumpas Niwatakawaca. Sebagai imbalan atas jasanya terhadap Dewa, Arjuna diangkat menjadi Raja di Kahyangan Warukandabinangun, dengan julukan Prabu Karitri. Arjuna kemudian dianugerahi istri Sekethi Kurang Sawiji.

 

Lakon “Mintaraga” memberi tafsir bahwa; ketika seseorang mencapai tingkatan tertinggi -- kembali dipertanyakan, apakah pencapaian tersebut telah sesuai dengan kodratnya sebagai manusia; dalam arti sebagai “titah” yang harus mengemban tugas kemanusiaan secara utuh. Hidup selaras, serasi dan seimbang terhadap sesama manusia, alam dan Tuhan. (gor)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA