Menu
Sign in
@ Contact
Search

Royal Selangor Buka Gerai di Indonesia

Minggu, 22 Jan 2023 | 12:34 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Royal Selangor, sebagai produsen dan pengecer barang-barang dari timah putih asal Malaysia, membuka gerai baru di Plaza Indonesia, Jakarta untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Momen pembukaan ini juga dimanfaatkan untuk memamerkan aneka dekorasi yang terbuat dari timah untuk mempercantik rumah dan kantor, koleksi figurin, serta hadiah untuk kolega, sahabat, dan keluarga di berbagai perayaan sepanjang tahun.

Disampaikan dalam keterangan yang dikutip pada Rabu (18/1/2023), Royal Selangor berdiri sejak 1885 oleh Yong Koon-pewter craftmanship dari Shantou China di Kuala Lumpur Malaysia. Awalnya, Yong Koon membuat pembakar dupa timah, tempat lilin untuk altar dan kuil Tiongkok. Namun saat permintaan akan timah untuk upacara tradisional menurun, Yong Koon dan putra-putranya mulai membuat produk bergaya Eropa untuk para ekspatriat dengan merek Selangor Pewter.

Baca Juga: Pengamat Sebut Kerja Sama Indonesia-Malaysia Saling Menguntungkan

Pada 1979, perusahaan menerima surat dari Sultan Selangor sebagai bentuk dukungan kerajaan terhadap produk Selangor Pewter yang digunakan juga di kerajaan. Dan pada 1992 Selangor Pewter berubah nama menjadi Royal Selangor, yang mana saat ini dipimpin oleh Generasi ke-4 yaitu Yong Yoon Lie sebagai diektur pelaksana dan sepupunya Chen Tien Yue sebagai direktur eksekutif.

Advertisement

Tien Yue mengaku senang dengan pembukaan toko Royal Selangor di Jakarta dan ia berharap dapat memperoleh masukan atau gagasan tentang desain produk-produk yang diinginkan pelanggan untuk dihadirkan di Plaza Indonesia.

Baca Juga: MIND ID dan Timah (TINS) Hilirisasi Produk dengan Teknologi Baru

Bukan tanpa alasan, Tien Yue mengatakan bahwa gerai Royal Selangor yang kini ada di Kanada, Inggris, Australia, Tiongkok, Hong kong, Jepang, Malaysia hingga Singapura memiliki pelanggan dengan selera yang unik, juga berbeda.

“Desain yang populer di Royal Selangor tergantung dengan gaya hidup konsumen. Semisal di Inggris, masyarakatnya gemar minum anggur maka produk kami di sana kebanyakan berupa wine items.Beda lagi dengan Tiongkok yang gemar minum teh di mana kami lebih banyak menghadirkan produk desain tea set. Untuk Indonesia karena sedang merayakan Tahun Baru Imlek yang tahun ini disebut tahun kelinci maka kami menyediakan item-item terkait karakter kelinci, juga tersedia figur-figur dari Marvel untuk penggemar Indonesia,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Royal Selangor International Chen Tien Yue (kanan) berbincang dengan Chief Executive Officer (CEO) Bumi Laut Group Jay A. Singgih disela-sela acara Grand Opening Ceremony New Showroom of Royal Selangor di Plaza Indonesia, Jakarta. (Foto: Istimewa)

Dalam menyambut Hari Imlek, Royal Selangor menghadirkan produk Year of The Rabbit yang terdiri dari limited edition plaque, wealth bowl, figurin dan seal mewah untuk dijadikan hadiah. Koleksinya, yang terinspirasi mitos the Great Race, didekorasi dengan motif oriental bermakna, serta dihias dengan emas 24K.

“Kelinci memberikan inspirasi mulia, kejujuran, kasih sayang juga kepraktisan dan kerendahan hati. Merupakan nilai-nilai moral yang sangat baik untuk diberikan di momen yang special. Selain itu masih banyak produk berjenis oriental lain seperti, koleksi Koi, Five Elements, Benevolence dan lainnya," tutur Tien Yue.

Baca Juga: Pertunjukan Kembang Api dan Dekorasi Kota Tua Shanghai Menyemarakkan Tahun Baru Imlek 

Tien Yue juga menjelaskan bahwa sebagian besar desain terinspirasi dari kebudayaan Indonesia, semisal arsitektur Islam, juga dari kebudayaan dan kepercayaan di Tiongkok, India serta Malaysia.

“Ada kemiripan budaya dan kepercayaan antara negara-negara di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Jadi, kami pikir ada kesempatan besar untuk membawa brand ke pasar Indonesia,” katanya.

Ditambahkan oeh Tien Yue, bahan baku timah putih yang digunakan para pengrajinnya mayoritas berasal dari Indonesia. Walau saat ini masih melakukan produksi di Malaysia, tidak menutup kemungkinan bagi Royal Selangor untuk berproduksi di Indonesia.

Baca Juga: Emiten Hary Tanoe (MSIN) Kolaborasi Bareng Perusahaan Malaysia

“Anda harus tahu bahwa tangan yang membuatnya adalah tangan-tangan para pengrajin kami – kebanyakan dari mereka adalah bersama kami selama lebih dari 20, 30 atau bahkan 40 tahun. Para pengrajin yang sama juga mengerjakan begitu banyak desain pesanan khusus selama bertahun-tahun, mulai dari merchandise Asian Games Jakarta-Palembang pada 2018 hingga trofi untuk balapan F1 di Malaysia, Singapura dan Tiongkok, dan bahkan kamera Leica yang dibungkus timah. Kami sangat berterima kasih atas keterampilan para pengrajin ini, yang kami anggap sebagai bagian dari keluarga besar kami,” demikian penjelasannya.

Tien Yuen juga sempat menyinggung soal perjalanan luar negeri pertama Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia ke Jakarta untuk bertemu Presiden Jokowi, yang berbicara tentang bangsa serumpun. "Saya menduga hubungan istimewa ini bukan hanya tentang kesamaan akar, tetapi juga tentang peluang menarik ke depan untuk Indonesia dan Malaysia. Saya juga bersemangat: untuk 2023, untuk toko Royal Selangor baru di sini di Plaza Indonesia, dan untuk lebih banyak lagi proyek inspiratif yang akan datang bersama Jay dan tim Royal Stardom," urainya.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com