Menu
Sign in
@ Contact
Search
Salah satu lokasi spot foto yang dilengkapi kafe dan restoran di kawasan Sentul-Hambaang

Salah satu lokasi spot foto yang dilengkapi kafe dan restoran di kawasan Sentul-Hambaang

Sentul-Hambalang Segera Geser Puncak

Minggu, 22 Jan 2023 | 21:52 WIB
Primus Dorimulu (primus@investor.co.id)

HAMBALANG, investor.id — Mempertimbangkan jarak dan kemacetan lalu-lintas, sebagian warga DKI Jakarta dan sekitarnya kini mengalihkan destinasi liburan ke Kawasan Sentul dan Hambalang. Dua kawasan ini lebih dekat dengan Jakarta dan tidak macet seperti perjalanan menuju Puncak.

Primus Dorimulu (Penulis)

Dalam pemantauan Investor Daily, Sabtu (21/1/2023), pukul 16.00 hingga 20.00 WIB, lalu-lintas dari Sentul ke Hambalang, pergi-pulang, cukup lancar. Mobil bisa melaju 10-20 km per jam. Jarak Sentul City ke Hambalang sekitar 12 km bisa ditempuh dalam waktu kurang dari sejam. Namun, setelah menempuh 30 menit perjalanan dari Sentul City, para pelancong sudah bisa menemukan berbagai lokasi spot foto yang dilengkapi kafe dan restoran, mulai dari lokasi untuk kelas pesepeda motor hingga pengendara dan penumpang mobil.

Umumnya kafe dan resto yang dilengkapi spot foto terletak di sebelah barat jalan raya. Dari Sentul City ke Hambalang, resto-kafe dan spot terletak di sebelah kanan jalan. “Banyak mahasiswa Jakarta dan Bogor yang ke sini,” kata Kevin, mahasiswa sebuah universitas negeri di Depok.

Selain kafe dan resto sederhana, ada juga resto dan hotel bintang empat seperti Resto & Cafe The Upper Clift Resort. Ada sejumlah vila mewah seperti Villa Aman D’sini dan vila menengah seperti Richiegarden. Dalam pada itu, kafe dan resto baru terus dibangun.

Advertisement

Selain berkendara, ada pelancong yang berjalan kaki. “Wah, asyik juga jalan nanjak, tapi jalan terlalu sempit,” kata Ujang, pria 38 tahun yang ikut berjalan kaki bersama Investor Daily.

Panorama alam di kawasan Sentul dan Hambalang sungguh elok dan cocok untuk berfoto ria.

Suhu udara sekitar 20-22 derajad Celcius cukup sejuk bagi pejalan kaki meski berpeluh setelah berjalan 5 km hingga KM 0, di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

“Andaikan jalan lebih lebar dan ada trotoar, pelancong akan ada banyak, bahkan juga wisman,” kata Ujang lagi.

Menilik jarak yang dekat dengan Jakarta, kawasan Sentul dan Hambalang akan menggeser Puncak yang jaraknya lebih jauh dan macet. Tapi, jika mayoritas orang Jakarta beralih ke dua kawasan ini, kemacetan di Puncak akan beralih ke Sentul dan Hambalang. Dua kawasan ini berada di Kabupaten Bogor, Jabar. Oleh karena itu, pelebaran jalan dan pembangunan trotoar menjadi sebuah keharusan.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com