Menu
Sign in
@ Contact
Search

Tren Warna 2023 “Wild Wonder” Menyatukan Manusia dengan Alam

Rabu, 25 Jan 2023 | 19:10 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Keinginan untuk hidup menyatu dengan alam sepertinya menjadi tren di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Di satu sisi masyarakat diharapkan masih memiliki kesadaran penuh untuk tetap bisa produktif dalam menjalankan berbagai peranan kehidupan, dan di sisi lain tetap menjaga keseimbangan dengan alam.

Keinginan tersebut diterjemahkan oleh tim AkzoNobel Global Aesthetic Center di Amsterdam, Belanda dengan melakukan riset terhadap tren warna global yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Hasil riset itu pun diperkenalkan PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) – produsen cat Dulux – dengan meluncurkan tren warna 2023 “Wild Wonder” dalam acara AkzoNobel Colour of the Year 2023, pada Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Waspadai Cat Interior Berbahan Formaldehide dan VOC

Advertisement

Dalam pernyataan, “Wild Wonder” dipilih sebagai tren warna 2023 karena terinpirasi dari kehidupan manusia yang menyatu dengan alam untuk mendapatkan keseimbangan hidup seutuhnya. Tren warna tahun ini diharapkan memberikan inspirasi dengan menghadirkan suasana hangat, nyaman, tenang, yang mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas terutama dalam hunian.

Tren warna “Wild Wonder” tersebut terdiri atas empat palet warna cat dekoratif, yaitu Lush yang terinspirasi dari warna hutan, dengan warna hangat, lembut yang mampu memberikan suasana nyaman dan menenangkan hati.

Salah satu palet tren warna Dulux Colour of The Year 2023, Lush, terinspirasi dari warna hutan dengan warna hangat, lembut yang mampu memberikan suasana nyaman dan menenangkan hati. (Foto ilustrasi: Istimewa)

Sementara, Buzz merupakan palet warna yang terinspirasi dari hamparan padang rumput yang hijau, juga oleh keanekaragaman hayati dan ladang bunga liar mengagumkan, yang dapat memberikan keseimbangan dalam harmoni dengan suasana yang menenangkan.

Ada pula Raw, palet warna yang terinspirasi dari suasana musim panen serta menggambarkan kekayaan sumber daya alam yang mampu mengembangkan kreativitas dan semangat produktivitas.

Sedangkan Flow adalah palet yang terinspirasi dari warna pantai yang memberikan kesan siklus kehidupan teratur, damai, dan tenang.

Baca Juga: Sambut 2023, LG Siapkan Koleksi Produk Aspek Kesehatan dan Ramah Lingkungan

Menurut Managing Director AkzoNobel Decorative Paints wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan Oscar Wezenbeek seiring meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental di seluruh dunia, mendekorasi rumah dengan menggunakan palet warna bernuansa alam merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memberikan inspirasi serta membangun kesehatan mental di tengah kondisi yang tidak pasti.

"Pandemi Covid-19 telah menetapkan normal baru kesehatan, dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan mental. Menghabiskan waktu di alam dapat menyegarkan kembali otak kita sehingga kita akan merasa bahagia, optimistis, melakukan interaksi sosial yang positif dan menemukan makna dan tujuan hidup yang juga akan meningkatkan kesehatan mental. Sehubungan dengan hal ini, 'Wild Wonder' membawa warna yang terinspirasi oleh warna hangat dari tanaman di alam - dapat membawa energi dan hal-hal positif dalam kehidupan kita. Wild Wonder, membuat kita merasa terhubung dengan alam dan membantu kita merasa lebih tenang dan nyaman di rumah," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener.

Palet tren warna Dulux Colour of The Year 2023, Buzz, terinspirasi dari padang rumput hijau yang mengagumkan dan memberikan keseimbangan dalam harmoni dengan suasana yang menenangkan. (Foto ilustrasi: Istimewa)

Diungkapkan juga oleh Founder Design Intervention Nikki Hunt bahwa tren "Wild Wonder dan palet-palet warna pendukungnya bakal membawa energi dan hal-hal positif ke dalam rumah di seluruh dunia.

“Saya ingin para rekan arsitek lainnya dapat memberikan inspirasi suasana alam #FeelTheWonder dan menerjemahkan suasana alam yang mampu meningkatkan kualitas hidup ke dalam desain dan kreasi arsitektur yang berkelanjutan. Di AkzoNobel, kami telah mengumpulkan beberapa ide dan inspirasi untuk membantu konsumen membayangkan tampilan baru yang menarik untuk interior rumah mereka sekaligus menciptakan hunian yang memberikan inspirasi dan menenangkan hati,” ujarnya dalam keterangan.

Sebagai pelopor tren warna hunian, Dulux memastikan warna-warna yang diaplikasikan dalam hunian dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Dengan perpaduan palet warna yang inovatif maka setiap sudut ruangan, mulai dari interior hingga eksterior dapat dipercantik dengan warna-warna alam.

Baca Juga: Wujudkan Nol Emisi Dimulai dari Rumah

“Dari hasil riset tim AkzoNobel Global Aesthetic Center, kami mendapatkan wawasan bahwa tren saat ini menunjukkan individu semakin menyatu dengan alam. Di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini, masyarakat diharapkan tetap memiliki kesadaran penuh untuk tetap bisa produktif dalam menjalankan berbagai peranan kehidupan. Hal ini tentunya akan diperoleh salah satunya dengan menjaga keseimbangan dengan alam. Oleh karena itu, kami menghadirkan inspirasi warna-warna alam yang dapat diaplikasikan ke dalam hunian,” kata Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Yudhy Aryanto.

Sebagai informasi, Colour of the Year dihadirkan setiap tahun untuk meyakinkan konsumen dalam memilih warna dan desain dengan menghadirkan berbagai elemen yang dapat digunakan seperti inspirasi, visualisasi, pilihan produk dan aplikasi. Colour of the Year 2023 - Wild Wonder – diharapkan dapat menginspirasi masyarakat tidak hanya dalam memilih warna, tetapi juga dalam menjalani hidup dengan penuh semangat dan optimistis.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com