Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Imlek Nasional 2021 digelar secara virtual dihadiri Presiden Joko Widodo, didampingi Wakil Presiden, KH Ma

Imlek Nasional 2021 digelar secara virtual dihadiri Presiden Joko Widodo, didampingi Wakil Presiden, KH Ma

Imlek Digelar Virtual

Bakti Dan Kepedulian Kepada Sesama, Imlek Nasional Komit Lanjutkan Donasi

Sabtu, 20 Februari 2021 | 11:37 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - Panitia Imlek Nasional 2021 didukung kemitraan lintas organisasi masyarakat dan keagamaan Tionghoa, ormas lintas bidang, serta keimanan, didukung TNI dan Polri menargetkan penyaluran bantuan sebanyak 1 kilo gram beras kepada minimal 1 juta keluarga. Penyaluran juga akan dilakukan berupa 20 juta masker kepada masyarakt luas di Indonesia.

Ketua Panitia Imlek Nasional Gandhi Sulistyanto mengatakan, masyarakat Tionghoa dalam menuwujudkan sikap kebersamaan di tengah pandemi ini telah turut serta dalam membatu menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Masyarakat Tionghoan didukung berbagai lembata telah menyalurkan bahan pangan, alat pelindung diri (APD), dan ventilator.

Dia mengungkapkan, pihakyan telah menyalurkan bantuan ke lebih dari 358 institusi dan lembaga. Pemberian bantuan APD dan masker ke lebih dari 1.080 rumah sakit dan puskemas yang tersebar di Jabodetabek dan 26 provisi Indonesi.

“Melalui kegiatan imlek nasional, kami menargetkan dalam diri kami sendiri didukung dengan kemitraan lintas pihak dapat menjangkau lebih besar lagi pemberian bantuan. Kami menargetkan pemberian bantuan sebanyak 1 kilo gram beras kepada minimal 1 juta keluarga. Kami juga akan mendonasikan 20 juta masker di masyarakt luas,” ujarnya dalam pelaksanaan perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Konzili bertemaakan “Wujudkan Bakti dan Kepedulian terhadap Sesama” yang digelar secara virtual di Jakarta, Sabtu (20/2).

Dia mengatakan, pemberian donasi ini bagian dari kebersamaan dan perwujudan Bhineka Tunggal Ika, karena bantuan bukan saja berasal dari berasal dari organisasi keagamaan kami maupun Tionghoa, tetapi mendapatkan dukungan lintas bidang dan lintas keamanan. Karena pemberian bantuan juga bekerja sama dengan TNI dan Polri.

Menjadi Budaya

Terkait tahun baru Imlek 2021, Gandhi mengatakan, memiliki tiga unsur utama, yaitu agama, tradisi, dan budaya. Tahun ini, Tahun Baru Imlek ditandai dengan Kerbau Logam. "Kerbau logam ini menjadi tahunnya Bapak Presiden Jokowi, karena beliau adalah ber-shio kerbau. Kami yakin beliau beserta jajarannya akan membuat Indonesia maju dan juga melakukan yang terbaik, bersatu, bangkit dan maju terus," terangnya.

Saat ini, ungkap dia, Tahun Baru Imlek yang dikenal dikenal pula sebagai perayaan musim semi telah berkembang menjadi peringatan keagamaan bagi para pemeluk agama Konghucu serta keyakinan lainnya. “Di negeri kita, kegiatan ini bermetamorfosa, dirayakan oleh masyarakat luas, memperkaya khazanah budaya bangsa Indonesia,” terangnya.

Menurut dia, Tahun Baru Imlek memiliki dimensi tradisi, keagamaan dan dan budaya. Sebagaimana tampak pada penghormatan kepada para leluhur, pembagian angpau, atraksi barongsai, hidangan kuliner, hingga gaya busana dan penggunaan warna yang khas, menurutnya telah menjadi milik bersama, menyentuh masyarakat luas, menerobos sekat-sekat keyakinan dan agama.

Momentum Atasi Tantangan

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan perayaan Imlek 2021 mengatakan, dirinya berharap Tahun Baru Imlek 2572 Konzili menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengatasi berbagai tantangan dan mencapai kemajuan yang signifikan.

"Semoga di tahun baru ini, kita bangsa Indonesia berhasil menghadapi tantangan-tantangan yang ada dan mencapai tujuan kita, yaitu kemajuan yang signifikan," katanya Presiden Jokowi perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Konzili secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (20/2).

Presiden didampingi Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin. Perayaan bertema 'Untukmu Negeri Kami Berbakti dan Peduli' itu juga dihadiri Ibu Sinta Nuriyah Wahid dan Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, pimpinan lembaga negara, dan para duta besar negara-negara sahabat.

Presiden Jokowi mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat hari raya Imlek ke-2572 Konzili. "Selamat memasuki tahun baru kerbau di tahun 2021, tahun yang mestinya penuh kekuatan besar, tahun yang penuh keberanian, keteguhan, dan kedisiplinan. Tahun yang menguatkan kesetiaan seluruh elemen bangsa kepada bangsa dan negara," tegas Presiden

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN