Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz menunjukkan salah satu tas Kanken Art edisi 2021, hasil kolaborasi dengan Fjallraven untuk memperingati Hari Laut Sedunia. ( Foto: Istimewa )

Animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz menunjukkan salah satu tas Kanken Art edisi 2021, hasil kolaborasi dengan Fjallraven untuk memperingati Hari Laut Sedunia. ( Foto: Istimewa )

Peringati Hari Laut Sedunia

Fjallraven Donasikan 1% Pembelian Kanken Art untuk Lestarikan Lingkungan

Selasa, 8 Juni 2021 | 23:44 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Fjallraven, sebagai perusahaan peralatan outdoor asal Swedia, memperingati Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) pada 8 Juni dengan meluncurkan produk tas Kanken Art edisi 2021. Produk ini ditujukan sebagai refleksi sekaligus pengingat hubungan manusia dengan laut sebagai sumber hidup dan kehidupan.

Konsep Kanken Art Edisi 2021 itu mengangkat tema sampah plastik laut. Seperti diketahui, masalah sampah plastik di laut adalah isu global yang butuh solusi global dan Fjallraven turut serta menyuarakan pentingnya kesadaran menjaga laut dari sampah plastik. Selain itu, Fjallraven juga memberikan dukungan finansial untuk pencegahan sampah plastik dengan setiap 1% pembelian Kanken Art didonasikan melalui organisasi lingkungan.

Kanken Art Edisi 2021 hadir atas kolaborasi dengan animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz. Dia mengaku tercerahkan untuk meningkatkan kesadaran mengenai urgensi masalah sampah laut dan kebersihan lautan.

Menurut Fritz, kolaborasi Kanken Art 2021 bersama Fjallraven sangat menyenangkan. Ini karena Fjallraven mendengarkan, memahami dan menjelaskan misinya dengan cara yang sangat bermanfaat.

“Kami sama-sama memiliki visi yang kuat: bahwa masa depan kami dan masa depan alam saling terikat. Oleh karena itu, kita perlu menjaganya bersama. Kita perlu mensyukuri apa yang kita miliki sebelum terlambat,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (8/6).

Dia menambahkan, proyek Kanken Art 2021 terbilang menantang karena untuk pertama kalinya dirinya membuat ilustrasi yang dicetak pada sebuah produk. “Sebuah pencapaian besar saat pertama kali melihat tas dengan pola desain yang saya buat dan rasanya lebih istimewa lagi mengetahui bahwa Kanken akan bekerja sama dengan organisasi lingkungan guna meningkatkan kesadaran terhadap sampah plastik di laut. Saya berharap Fjallraven akan terus menggunakan ajang ini untuk kebaikan dan menciptakan kesadaran untuk  lingkungan yang lebih baik di masa depan,” tutur Fritz.

Salah satu produk tas Kanken Art edisi 2021, hasil kolaborasi  Fjallraven dengan animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz  untuk memperingati Hari Laut Sedunia. ( Foto: Istimewa )
Salah satu produk tas Kanken Art edisi 2021, hasil kolaborasi Fjallraven dengan animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz untuk memperingati Hari Laut Sedunia. ( Foto: Istimewa )

Terinspirasi permukaan laut yang bersih dan laut dalam yang jernih, Fritz kemudian menuangkan karyanya dalam balutan warna Ocean Surface dan Ocean Deep. Komposisi dalam Kanken Art 2021 terbuat dari bahan G-1000 HeavyDuty Eco, poliester daur ulang dan kapas organik yang ramah lingkungan. Produk Kanken Art 2021 juga hadir dalam empat varian bentuk, yakni Kanken Art, Kanken Art Mini, Kanken Art Laptop 15", dan Kanken Art Sling Bag. Produk kolaborasi Fjallraven dan Linn Fritz ini pun dijumpai di Tokopedia.

Sedangkan, Executive Director Leave No Trace Center, Dana Watts mengungkapkan bahwa plastik memang ada di mana-mana. Tetapi tidak seharusnya plastik berserakan di mana-mana. “Itu tergantung kita masing-masing dalam membuat keputusan secara sadar agar mengurangi plastik sekali pakai dalam kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Ditambahkan oleh Watts, bahwa Fjallraven telah menjadi yang terdepan dalam aktivitas The Leave No Trace Center selama beberapa tahun terakhir. “Bertahun-tahun, kami bekerja dengan brand untuk berbagi semangat untuk alam bebas dan membantu menginspirasi komunitas untuk melindungi alam. Dengan Fjällräven, kami membantu melindungi alam, memperkuat jaringan relawan, dan meningkatkan upaya edukasi Leave No Trace,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Kanken Art 2021 muncul atas inisiatif Arctic Fox Initiative. Pada 2021 Arctic Fox Initiative bekerja dengan organisasi yang mendukung pengurangan sampah plastik dan membersihkan alam dari sampah-sampah yang berserakan di luar sana. Dua organisasi itu adalah Leave No Trace dan 2 Minute Foundation.

The Leave No Trace Center adalah organisasi non-profit dari Amerika yang berdedikasi dalam melindungi alam bebas dengan mengedukasi orang untuk menikmati alam secara bertanggung jawab. The Leave No Trace Center menyediakan ruang penelitian, pendidikan, dan inisiatif mutakhir untuk mendorong banyak orang agar bertingkah laku lebih menghargai alam dengan tidak meninggalkan sampah.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN