Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para wisatawan di depan Patung Merlion dengan latar belakang Marina Bay, Singapura. Foto: Portal ID/gora kunjana

Para wisatawan di depan Patung Merlion dengan latar belakang Marina Bay, Singapura. Foto: Portal ID/gora kunjana

Kepercayaan Diri Wisatawan Indonesia Berpergian Ke Luar Negeri Meningkat

Kamis, 8 April 2021 | 16:26 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Berdasarkan hasil studi Covid-19 Impact Analysis yang dilakukan Singapore Turism Board (STB) di 15 negara melalui kantor perusahaan riset pasar, Ipsos, pada Januari 2021, tingkat kepercayaan diri wisatawan Indonesia dalam bepergian ke luar negeri terus meningkat.

Sebanyak 68% wisatawan leisure dan 88% wisatawan BTMICE (Business Travel and Meetings, Incentive Travel, Conventions and Exhibitions) dari Indonesia mengindikasikan kemungkinan melakukan perjalanan internasional dalam 12 bulan ke depan. Hal ini sejalan dan di atas rata-rata tren global yang menunjukkan intensi berwisata internasional sebesar 68% untuk wisatawan leisure dan 72% untuk wisatawan BTMICE.

Chief Executive STB Keith Tan mengatakan Covid-19 adalah krisis terbesar yang pernah dihadapi dalam industri perjalanan dan pariwisata. Namun, hal ini juga menawarkan kesempatan untuk mengatur ulang dan menghidupkan kembali industri dengan cara yang tidak pernah terbayangkan mungkin terjadi setahun yang lalu. Perjalanan untuk menata kembali industri perjalanan telah dimulai di Singapura. Upaya terbaru STB untuk mempertahankan daya tarik Singapura sebagai tujuan bisnis dan rekreasi terkemuka difokuskan pada tiga prioritas utama.

“Ketiganya adalah memulihkan arus wisatawan ke Singapura, memfasilitasi transformasi industri dan bisnis, dan mempertahankan citra positif untuk menjaga Singapura sebagai destinasi wisata pilihan,” ujar dia di sela virtual konferensi pers, Kamis (8/4).

Untuk memulihkan arus wisatawan ke Singapura, Tan mengatakan STB bekerja sama dengan badan pemerintah Singapura lainnya dalam menjajaki berbagai opsi untuk pembukaan kembali perbatasan yang aman. Connect@Singapore dengan Connect@Changi sebagai fasilitas perdana yang diluncurkan pada Februari 2021, merupakan salah satu contoh upaya Singapura dalam membuka kembali perbatasan secara terkendali dan aman. Inisiatif ini memungkinkan sejumlah wisatawan bisnis, resmi, dan bernilai ekonomi tinggi untuk memasuki Singapura secara terbatas dengan masa inap jangka pendek hingga 14 hari.

“Dimulainya kembali acara-acara terkenal seperti Mobile Legends Bang Bang (MLBB) M2 World Championship, ONE Esports DOTA2 Singapore Major dan TraveRevive, dan lainnya. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk menyelenggarakan kembali acara MICE dan dan Gaya Hidup atau Olah Raga secara bertahap dan aman di Singapura,” tambahnya.

Sementara itu, Area Director STB Indonesia (Jakarta) Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan pihaknya juga memulai inisiatif SingapoReimagine di Indonesia pada titik penting saat mengantisipasi dan bersiap untuk pemulihan wisata leisure. Sebagai permulaan, pihaknya ingin memicu imajinasi masyarakat Indonesia untuk berwisata kembali melalui seni. Dengan mengundang dua seniman, satu dari Singapura dan satu dari Indonesia, untuk berkolaborasi membuat karya mural yang terpisah di antara kedua negara, menggunakan seni sebagai medium penghubung audiens.

“Seni mural telah memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman menyegarkan di kawasan terkenal Singapura, seperti Little India, Chinatown dan Kampong Gelam. Sebelum pandemi, orang Indonesia juga senang berfoto dengan seni mural di Singapura untuk mengingat liburan mereka serta membagikannya di media sosial,” tutupnya.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN