Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Batik koleksi Museum Tekstil Jakarta dipamerkan di SQ Res Jakarta Selatan

Batik koleksi Museum Tekstil Jakarta dipamerkan di SQ Res Jakarta Selatan

Koleksi Batik Museum Tekstil Dipamerkan di SQ Res Jakarta

Mardiana Makmun, Selasa, 29 Oktober 2019 | 09:51 WIB

JAKARTA, Investor.id – Koleksi batik Museum Tekstil Jakarta dipamerkan di SQ Res Gallery, South Quarter, Jakarta Selatan, pada 25-27 Oktober 2019. Pameran bertema ‘Batik dan Wastra Indonesia’ itu digelar atas kerja sama PT Intiland Development Tbk dan Museum Tekstil. Pameran juga menghadirkan koleksi Maestro Batik Go Tik Swan dan Iwan Tirta serta talkshow, bazzar, dan workshop tentang batik dan kain tradional Indonesia.

Direktur Pemasaran Korporat Intiland, Susan Pranata menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan apresiasi Intiland dalam mendukung kelestarian budaya, kesenian, dan kerajinan Indonesia. Selain menjadi wadah apresiasi, menurutnya, penyelenggaraan kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat agar lebih mencintai kekayaan dan warisan budaya kain tradisional Indonesia.

“Batik dan kain tradional atau kerap disebut wastra adalah salah satu bagian terpenting dari perjalanan sejarah dan budaya nusantara yang terdiri dari banyak suku. Kegiatan ini bagus sekali untuk membangun kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia dan mewariskanya hingga generasi mendatang,” ungkap Susan Pranata di sela-sela acara.

Wujud kecintaan dan apresiasi terhadap batik juga diwujudkan Intiland dengan menerapkannya pada karya properti. Salah satunya yakni penggunaan motif batik sebagai ornamen atap kubah di SQ Dome, Jakarta Selatan. Atap kubah tersebut terbuat dari sejenis membran ringan, transpran, tembus cahaya, dan unik. Atap kubah yang berbentuk menyerupai balon ini dihiasi dengan ornamen batik Cirebon bermotif Mega Mendung sehingga terlihat sangat unik dan menarik.

“Penerapan ini membuat SQ Dome sukses memadukan antara desain modern dengan budaya tradisional Indonesia. Ini sejalan dengan acara pameran batik dan wastra yang dijalankan ini,” ungkap Susan.

Pada kesempatan sama, Esti Utami, selaku Kepala Unit Pengelola Museum Seni Jakarta sekaligus selaku ketua panitia penyelenggara, berharap penyelenggaraan acara ini bisa membangun rasa bangga masyarakat untuk menggunaan batik dan kain tradional sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Esti berharap ke depannya banyak perusahaan-perusahaan lain yang turut tergugah dan bersedia secara pro aktif mendorong kemajuan produk batik dan wastra yang kini banyak dirancang oleh generasi muda.

“Saya sangat berharap akan banyak pihak-pihak yang mau berkolaborasi untuk mendorong agar batik dan wastra menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Kita harus bangga, karena batik sudah dinobatkan oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia. Jika bukan kita yang melestarikannya, lantas siapa lagi?” kata Esti Utami.

Esti juga berharap masyarakat bisa lebih mengenal Museum Tekstil Jakarta, dengan datang langsung berkunjung ke Museum yang berada di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Masyarakat bisa melihat beragam hasil kerajinan tekstil, selain batik dan wastra.

“Acara ini bisa lebih mengenalkan Museum Tekstil Jakarta ke masyarakat. Jadi masyarakat bisa datang ke sana, aksesnya sudah mudah, karena transportasi di Jakarta sudah terintegrasi. Bahkan ada transportasi umum yang sampai langsung ke Museum Tekstil Jakarta,” jelas Esti.

Esti menambahkan, penyelenggaraan acara ini juga dalam rangka memperingati 10 tahun pengakuan Unesco terhadap batik sebagai warisan dunia. Dengan begitu batik dan wastra bisa lebih mendunia lagi, sehingga kalangan generasi muda suka mengenakan batik dan wastra.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA