Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para duta seni Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia berhasil memukau para penonton Festival Indonesia 2019 yang berlangsung di Moskow, Rusia, pada 2-4 Agustus 2019.

Para duta seni Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia berhasil memukau para penonton Festival Indonesia 2019 yang berlangsung di Moskow, Rusia, pada 2-4 Agustus 2019.

Kolintang PINKAN Pukau Penonton Festival Indonesia di Moscow

Novy Lumanauw, Rabu, 7 Agustus 2019 | 23:00 WIB

MOSKOW- Para duta seni Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia berhasil memukau para penonton Festival Indonesia 2019 yang berlangsung di Moskow, Rusia, pada 2-4 Agustus 2019.

Menampilkan serangkaian lagu bernuansa klasik dan pop daerah, di antaranya Dmitri Shostakovich Waltz No 2, Moscow Nights, Mars Minahasa,Oh Ina Ni Keke, Alusi Au, Gepe-Gepe, Polo Pakita, hingga Poco-Poco, Kolintang PINKAN mengajak para penonton Festival Indonesia 2019 berbaur untuk merayakan persatuan dan perdamaian melalui seni musik tradisional asli Indonesia.

“Sangat berkesan. Penonton berbaur bersama untuk menyanyi dan menariPoco-poco. Ini baru pertama kali Kolintang PINKAN hadir di Festival Indonesia 2019 di Moskow,” kata Ketua DPP PINKAN Indonesia Toety Soewarno melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada Rabu (7/8).

Toety mengatakan, antusiasme dan ketertarikan warga Moskow menunjukkan bahwa Ansambel Musik Kolintang Kayu (AMKK) dapat diterima dengan baik oleh berbagai kelompok masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi penerimaan masyarakat internasional atas musik kolintang, terutama keunikan perpaduan instrumen kayu yang menghasilkan nada dan irama yang merdu,” kata Toety.

Menurut Toety, keikutsertaan Kolintang PINKAN pada Festival Indonesia 2019 adalah bagian dari upaya PINKAN Indonesia untuk memperkenalkan seni budaya tradisional asal Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara itu kepada masyarakat manca negara.

“Ini adalah bagian dari perjuangan PINKAN Indonesia membawa Ansambel Musik Kolintang Kayu mendapatkan pengakuan United Nations Educational Scientific and Cultural (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia. Kami akan menjaga sebaik-baiknya alat musik kolintang agar tidak diakui sebagai milik bangsa lain,” jelas dia.

Selama berada di Rusia, duta seni PINKAN Indonesia juga mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Federasi Rusia Mohamad Wahid Supriyadi.

Pada kesempatan itu, Wahid memberikan apresiasi atas keikutsertaan PINKAN Indonesia pada  Festival Indonesia 2019, khususnya dalam memperkenalkan alat musik tradisional kolintang.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN