Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Finalis Lomba Bercerita Anak Kategori 1

Finalis Lomba Bercerita Anak Kategori 1

Lomba Bercerita Anak PYC 2020, Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

Sabtu, 28 November 2020 | 18:04 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  - Sekretaris Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Amelia Yusgiantoro mengatakan, jiwa nasionalisme harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Setiap anak Indonesia wajib mengenal dan mengetahui jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Anak-anak juga tidak hanya sekadar mengenal, tetapi memiliki pengetahuan  untuk  menceritakan secara baik figur  dan perjuangan para Pahlawan Nasional.   "Anak-anak harus mengenal dan mengetahui jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan bangsa Indonesia," kata Amelia pada acara Grand Final Lomba  Bercerita Anak dalam rangka Hari Pahlawan di Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Lomba Bercerita Anak bertema “Pahlawan Indonesia,”  yang  digelar  bertepatan dengan  Hari Dongeng Nasional, pada 28 November 2020 diikuti 83 peserta dari 11 provinsi yaitu,  DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Para peserta lomba terbagi atas dua kategori, yaitu   Kategori I adalah  peserta umur 7-9 tahun dan Kategori II adalah yang berumur 10-12 tahun.  Pada setiap kategori terpilih masing-masing 10 peserta untuk mengikuti babak Grand Final.

Adapun dewan juri terdiri atas Riahna Jamin Gintings (Putri Pahlawan Nasional Jamin Gintings), Letjen TNI (Purn) R. Ediwan Prabowo (Lembaga Kajian Nawacita), Kak Awam (Pendongeng), dan Febria Yusgiantoro (Purnomo Yusgiantoro Center).

Finalis Lomba Bercerita Anak Kategori 2
Finalis Lomba Bercerita Anak Kategori 2

Amelia mengatakan, merebaknya Pandemi Covid-19 di Indonesia mendorong  Purnomo Yusgiantoro Center untuk menyelenggarakan lomba secara daring.  "Pandemi Covid-19 mendorong kami untuk lebih mengedepankan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, sejak bulan Maret 2020, kami telah melakukan adaptasi baru," jelas Amelia.

Disebutkan, sebagai pemenang  pertama untuk Kategori I (umur 7-9 tahun) adalah Jasmine Jannata Amalina Budianto. Pelajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10 Blitar, Jawa Timur menyandang predikat juara  melalui  cerita yang disampaikannya tentang Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman.

Selanjutnya, juara kedua adalah Tara DJ Suprapto. Tara  yang bercerita  tentang Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu adalah pelajar SD Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta Barat.

Juara ketiga adalah Ufairah Farzana Prasetya dari SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang bercerita tentang Pahlawan Nasional yang juga Presiden I Republik Indonesia Soekarno. 

Sementara itu, pemenang pertama untuk Kategori II (umur 10-12 tahun) adalah M. Valiant Faza Syafiq Al Fatich, pelajar MIN 10 Blitar, Jawa Timur yang bercerita tentang Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman. Pemenang kedua adalah Binar Mutiara Yahya, pelajar SD Negeri Ungaran I Yogyakarta yang menceritakan tentang Pahlawan Nasional Yos Sudarso, dan  sebagai pemenang ketiga adalah Quinta Alayya, pelajar SD bertutur tentang Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo.  

Sebagai Finalis Favorit I diraih Jocelyn Kayla Surjono, pelajar  SD St Theresia Jakarta, dan Finalis Favorit 2 adalah  Clarita Gloria Nenoliu dari SD Inpres Oebesa, Nusa Tenggara Timur.

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN