Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi karyawan perusahaan

Ilustrasi karyawan perusahaan

Tips Perjalanan Dinas Paling Efektif

Selasa, 17 November 2020 | 15:29 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan karyawannya untuk melakukan perjalanan bisnis, baik hanya sekedar keluar kantor, keluar daerah, ataupun keluar negeri.

Perjalanan ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang perusahaan, seperti bertemu calon klien, meeting dengan calon investor, pitching mengikuti tender, dan sebagainya.

Meskipun terdengar menyenangkan, bisa bekerja sambil jalan-jalan gratis dibiayai kantor, perjalanan bisnis membutuhkan persiapan yang lebih matang.

Berbeda halnya ketika bekerja di kantor, perjalanan bisnis menghabiskan lebih banyak uang karena perusahaan harus membayar biaya tambahan seperti akomodasi, transportasi, dan biaya lain selama perjalanan dinas.

Selain itu, prosedur kerja selama perjalanan dinas juga berbeda, karyawan harus bisa mempertanggungjawabkan biaya yang dikeluarkan kantor. Tak jarang, perusahaan kerap meminta bukti pekerjaan yang dilakukan selama perjalanan. 

Tahukah Anda bahwa terdapat satu solusi yang memungkinkan Anda untuk mengajukan business leave, merekam kehadiran dari jauh, melaporkan aktivitas pekerjaan disertai foto dan lokasi, dan mengajukan reimbursement dengan mudah? GreatDay HR, hadir sebagai jawaban dalam aplikasi ponsel pintar yang membantu mempermudah perjalanan dinas.

Pelaporan Business Trip Anti Ribet

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan bisnis adalah melaporkannya kepada pihak yang mengelola data kehadiran karyawan seperti, HRD. Lewat software HRIS #1 di Indonesia, karyawan dapat melaporkan perjalanan bisnisnya lewat ponsel pintarnya sendiri. Tidak perlu melalui proses yang bertele-tele seperti mengisi formulir fisik, menghubungi HRD, dan sebagainya yang memakan waktu dan kertas. Pengajuan perjalanan dinas pun terverifikasi benar karena dilaporkan tidak hanya ke HRD, tetapi juga kepada atasannya. 

Hadir dari Jauh

Perusahaan tentu ingin memastikan karyawannya tetap bekerja meskipun dalam perjalanan bisnis. GreatDay HR memahami betul urgensi akan kebutuhan ini.

Sistem yang mampu merekam kehadiran dari jauh merupakan solusi tepat untuk masalah ini bukan? Karyawan dapat membuktikan dirinya bekerja sesuai waktu yang ditentukan dan perusahaan mendapatkan rekam waktu kehadiran karyawannya, baik secara visual dan perhitungan waktu.

Dilengkapi dengan teknologi pengenal wajah dan penanda lokasi, data yang terekam sudah dipastikan akurat dan aktual. Kini bekerja dari jauh bukan lagi suatu masalah!

Bekerja secara Aktual 

Salah satu kebutuhan yang terjawab dengan kehadiran GreatDay HR adalah terpantaunya pekerjaan karyawan oleh perusahaan.

Lewat fitur Activity Record atau Rekam Aktivitas, karyawan dapat melaporkan kegiatannya selama perjalanan dinas dilengkapi dengan foto sebagai lampiran, rekam waktu pengerjaan, hingga lokasi karyawan saat pelaporan. Karyawan bisa mempertanggungjawabkan pekerjaannya disertai dengan bukti dan perusahaan bisa memastikan tugas yang didelegasikan kepada karyawan dikerjakan dan selesai tepat waktu. Tidak perlu khawatir dalam mengukur kinerja karyawan.


Mengajukan reimbursement dari Ponsel Pintar

Meskipun mayoritas perusahaan sudah mengatur budget untuk perjalanan dinas, terkadang karyawan harus membayar terlebih dahulu baru kemudian mengajukkan reimbursement. Dana yang dikeluarkan baru akan digantikan oleh perusahaan setelah perjalanan dinas selesai. GreatDay HR sudah mempertimbangkan segala aspek yang mampu mempermudah perjalanan dinas.

Tidak perlu lagi menghadapi proses yang berbelit-belit untuk mengajukkan reimbursement. Anda cukup mengisi formulir di ponsel pintar Anda, melampirkan bukti pengeluaran, dan tinggal menunggu pengajuan Anda disetujui oleh atasan. Anda juga bisa memantau status pengajuan Anda, apakah sudah disetujui atau belum.



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN