Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bom. Ilustrasi: google

Bom. Ilustrasi: google

138 TEWAS RATUSAN LAINNYA LUKA

Din Kecam Keras Peledakan Bom di Srilanka

GR, Minggu, 21 April 2019 | 22:50 WIB

JAKARTA- President of Asian Conference on Religions for Peace (ACRP) Din Syamsuddin mengecam keras tindakan brutal dan barbar atas peledakan bom di sejumlah gereja dan hotel di Kolombo, Srilanka, pada Hari Raya Paskah yang menewaskan puluhan manusia tidak berdosa pada Minggu (21/4).

Din dalam siaran persnya yang di Jakarta, Minggu, menyatakan belasungkawa kepada keluarga korban. "Secara khusus kepada umat Kristiani, kami menyampaikan simpati yang sedalam-dalamnya."

Tindakan tersebut adalah bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan yang hanya dilakukan oleh orang yang tidak berperiketuhanan dan berperikemanusiaan.

Peledakan bom di rumah ibadat seperti itu, apalagi di tengah umat beribadat dan merayakan hari raya keagamaan, berdimensi memecah belah antar umat beragama. "Maka diserukan kepada semua umat beragama agar tidak terpecah belah dan mau diadudomba."

Dia mendukung aparat Keamanan dan penegakan hukum di Srilanka untuk melakukan investigasi serius dan menyeret pelaku sebagai penjahat kemanusiaan yang sangat kejam, sesuai hukum yang berlaku.

Din juga menyerukan kepada umat beragama di Tanah Air untuk dapat menahan diri dan tidak terjebak kepada upaya provokasi yang ingin mengganggu kerukunan antarumat beragama dan kerukunan bangsa.

Tindakan keji dan biadab

Hal senada diungkapkan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor yang mengutuk aksi serangan bom terhadap tiga gereja dan tiga hotel di Kolombo, ibu kota Srilanka yang menewaskan sedikitnya 138 orang dan melukai 400 orang lainnya.

"Kami mengutuk keras tindakan keji, biadab, dan tidak berperikemanusiaan saat umat Nasrani tengah merayakan Paskah," kata Ketua Umum Ansor Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Minggu.

Ansor menyatakan dukacita mendalam atas kejadian itu dan meminta masyarakat Indonesia memanjatkan doa bagi korban meninggal maupun terluka.

Lebih lanjut Yaqut mengatakan, teror bom tersebut telah merobek peradaban manusia. Atas nama dan alasan apa pun tindakan pengeboman terhadap tempat ibadah dan umat yang sedang merayakan Paskah sudah mencoreng nilai-nilai kemanusiaan.

"Ansor mengajak seluruh agama, umat manusia untuk bersama-sama menolak tindakan radikalisme dan terorisme yang mengorbankan nyawa manusia atas nama agama, politik, etnis, suku maupun ras," tandasnya.

Ansor menyerukan kepada semua pemimpin agama dan pemimpin politik di dunia untuk mengakhiri semua bentuk kekerasan dalam upaya melakukan "klaim kebenaran" ataupun menggunakan segala cara dalam mencapai tujuan politik.

"Kami juga mengajak semua untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," tambah Yaqut.

Ansor meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia dari segala lapisan baik agama, golongan, kelompok untuk selalu menjaga kerukunan sesama warga bangsa, serta menjaga Indonesia tetap damai, kondusif, dan aman.  

 

Sumber : ANTARA

BAGIKAN