Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Founder dan executive chairman Alibaba Group Jack Ma saat tiba di Trump Tower untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump di New York pada 10 Januari 2017. Jack Ma mengundurkan diri pada 10 September 2010 dari jabatannya sebagai chairman Alibaba, sehingga mengakhiri kesuksesan spektakuler selama 20 tahun dan memberikan dampak mendalam bagi ekonomi Tiongkok. (Foto: AFP / TIMOTHY A. CLARY)

Founder dan executive chairman Alibaba Group Jack Ma saat tiba di Trump Tower untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump di New York pada 10 Januari 2017. Jack Ma mengundurkan diri pada 10 September 2010 dari jabatannya sebagai chairman Alibaba, sehingga mengakhiri kesuksesan spektakuler selama 20 tahun dan memberikan dampak mendalam bagi ekonomi Tiongkok. (Foto: AFP / TIMOTHY A. CLARY)

Jack Ma Lepas Kepemimpinan Sehari-hari di Alibaba

Grace Eldora, Rabu, 11 September 2019 | 08:46 WIB

SHANGHAI, investor.id - Jack Ma menyingkir dari jabatan sebagai chairman Alibaba pada Selasa (10/9). Ma mengakhiri kepemimpinan 20 tahun di perusahaan e-commerce tersebut. Keputusan mantan guru bahasa Inggris dinilai akan meninggalkan dampak yang mendalam pada ekonomi Tiongkok.

Ma (55 tahun) pada Selasa (10/9) menyerahkan kendali perusahaan yang ia dirikan bersama kepada tim eksekutif yang dipimpin oleh CEO Daniel Zhang. Ma bermaksud menempatkan kekayaannya sebesar US$ 41 miliar terhadap proyek-proyek filantropis seperti pendidikan.

Kepergiannya menandai era baru bagi sebuah perusahaan yang memanfaatkan reservoir dalam pengeluaran konsumen Tiongkok. Hal ini menciptakan peluang baru untuk bisnis yang tidak terhitung jumlah besar dan kecilnya, dan membantu memperkuat peran sentral internet dalam kehidupan sehari-hari di Tiongkok.

Ma fasih berbahasa Inggris, telah mengelilingi dunia, dan sifatnya yang jenaka. Ia mengalihkan Michael Jackson dalam rutinitas menari dua tahun lalu. Hal ini menghancurkan citra kering eksekutif bisnis Tiongkok, kemudian menghadirkan wajah kharismatik kepada dunia.

"Latar belakangnya sebagai guru bahasa Inggris, bersekutu dengan karismanya, termasuk selera humor tajam telah menguatkannya sebagai wajah pengusaha Tiongkok di luar negeri. Pengaruhnya sebagai simbol kewirausahaan Tiongkok tidak tertandingi," ujar Duncan Clark, penulis buku “Alibaba, The House That Jack Ma Built”.

Kepergian Ma datang tidak hanya pada hari ulang tahunnya, tetapi juga tepat pada Hari Guru di Tiongkok. Alibaba juga mengadakan pesta ulang tahun ke-20 pada Selasa malam. Alibaba telah memberikan sedikit detil tentang partisipasi Ma atau apakah akan ada upacara penyerahan formal.

Ma adalah seorang pengusaha yang kekurangan uang ketika seseorang menunjukkan kepadanya internet di tengah perjalanan pada 1990-an ke AS. Dia meluncurkan berbagai proyek bisnis yang berhubungan dengan internet di Tiongkok.

Ma menemui beragam kesuksesan sebelum meyakinkan sekelompok orang, di mana dirinya dan asing memberinya US$ 60.000 untuk memulai usaha e-commerce bisnis-ke-bisnis (B2B) yang disebut Alibaba pada 1999.

Hari ini, Alibaba menjulang lebih tinggi dari e-commerce Tiongkok. Perusahaan juga memiliki lebih dari setengah pangsa pasar domestik, ambisi internasional, dan posisi dominan dalam pembayaran digital melalui afiliasi Ant Financial. Alibaba yang terdaftar di AS kini berada di antara perusahaan paling bernilai di dunia, senilai US$ 462 miliar, menurut data Bloomberg.

Persaingan Domestik

Pengganti Ma dihadapkan pada peningkatan persaingan domestik, seperti pertumbuhan belanja konsumen yang melambat seiring dengan ekonomi Tiongkok. Ma, yang diharapkan untuk mempertahankan beberapa fungsi penasehat, telah membuat sedikit komentar publik baru-baru ini tentang transisi, Tetapi tahun lalu, Ma menyatakan dirnyayakun keyakinan Alibaba akan tetap sukses.

"Satu hal yang saya bisa janjikan pada semua orang adalah ini:,Alibaba tidak pernah tentang Jack Ma, tetapi Jack Ma akan selamanya menjadi milik Alibaba," katanya.

Sebaliknya, Zhang (47) tahun adalah seorang ahli keuangan yang santun. Tetapi media Tiongkok secara rutin menyebutnya sebagai pria yang mengubah traktor kecil yang menjadi Boeing 747.

"Orang-orang yang mengambil alih benar-benar top-tier. Ini adalah Tim A, kamu tidak ingin bersaing dengan mereka dalam hal apa pun," tutur Jeffrey Towson, investor ekuitas dan profesor di Universitas Peking.

Tim Zhang mengambil alih operasi bertahun-tahun lalu, menuangkan investasi ke dalam inisiatif baru termasuk batu bata dan mortir ritel, komputasi awan, media digital, sektor bahan makanan, pengiriman makanan, hiburan, dan iklan. Pendapatan tetap kuat.

Alibaba mengatakan akuisisi platform e-commerce dari sesama raksasa internet Cina NetEase sekitar US$ 2 miliar, semakin memperkuat keunggulan industrinya. Namun, Alibaba dan para penirunya dituduh mengembangkan konsumerisme yang merajalela, lalu lintas barang palsu, dan menghasilkan tumpukan bahan kemasan. (afp/eld)

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN