Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bendera Malaysia

Bendera Malaysia

Malaysia Enggan AS yang Gelar KTT APEC

Iwan Subarkah Nurdiawan, Jumat, 8 November 2019 | 12:05 WIB

KUALA LUMPUR, investor.id – Malaysia enggan Amerika Serikat (AS) yang menjadi tuan rumah pertemuan puncak Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC, menggantikan Cile yang terpaksa membatalkan pertemuan yang sedianya digelar pada 16-17 November 2019 tersebut.

Para pemimpin Malaysia dan sejumlah negara Asia Tenggara sebelumnya menolak bertemu delegasi AS di sela pertemuan puncak Asean di Bangkok, pekan lalu, karena Presiden AS Donald Trump tidak hadir.

Sementara Presiden Cile Sebastian Pinera terpaksa membatalkan pertemuan di ibukota Santiago, karena negaranya sedang dibelit kerusuhan massa terkait masalah politik dan ekonomi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia Saifuddin Abdullah mengatakan, Menlu AS Mike Pompeo meneleponnya di sela pertemuan puncak Asean lalu.

“Pompeo mengatakan karena Cile tidak sanggup menggelar APEC pada November ini, AS bersedia menjadi tuan rumah APEC pada Januari (2020) di AS. Ia meminta pendapat Malaysia. Saya katakan kepada delegasi AS di Bangkok bahwa itu bukan ide yang bagus,” tutur Saifuddin, seperti dikutip AFP, Kamis (7/11).

Trump tidak datang ke pertemuan puncak Asean dan mewakilkannya kepada penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien serta Menteri Perdagangan Wilbur Ross, untuk memimpin delegasi AS.

Alhasil, sebagian besar pemimpin Asean menolak bertemu delegasi AS tersebut, dan balik hanya mengirimkan para pejabat yang lebih rendah.

Saifuddin menambahkan, ia tahu ada surat dari Trump kepada Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad. Surat itu adalah undangan untuk menghadiri suatu acara di AS.

Negara pengganti pertemuan puncak APEC mengarah ke Malaysia, karena tahun depan akan menjabat ketua APEC. Sebagai ketua biasanya menggelar rangkaian pertemuan yang memuncak pada pertemuan para pemimpin negara di sekitar bulan November.

Seorang diplomat Asean mengatakan, AS sudah mengajukan pertemuan puncak APEC pada Januari 2020 dan menawarkan Las Vegas sebagai lokasinya. (afp/sn)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA