Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PM India Narendra Modi. Foto: indianexpress.com

PM India Narendra Modi. Foto: indianexpress.com

Modi Berjanji untuk Inklusif

ELD, Jumat, 24 Mei 2019 | 08:47 WIB

NEW DELHI – Perdana Menteri (PM) India dari kubu nasionalis Hindu, Narendra Modi, pada Kamis (23/5) menjanjikan masa depan yang inklusif bagi seluruh rakyat India. Ia mengatakan itu usai mencatat kemenangan mutlak dan memupus harapan dinasti Gandhi untuk kembali berkuasa di panggung politik Negara Asia Selatan.

“Bersama kita tumbuh. Bersama kita makmur. Bersama kita akan membangun India yang kuat dan inklusif. India menang lagi!” kata Modi via Twitter.

Ia menambahkan, kepercayaan yang diberikan kepada aliansinya sungguh mengharukan. Hal tersebut, kata Modi, akan memberikan kekuatan untuk bekerja lebih keras guna memenuhi aspirasi rakyat.

Walau hasil final belum diumumkan, penghitungan suara oleh KPU India menunjukkan Partai Bharatiya Janata atau BJP yang dipimpiin Modi menambah kemayoritasannya dengan meraih 302 dari 543 kursi di majelis rendah parlemen atau Dewan Perwakilan Rakyat.

Sementara rival utama BJP, yakni Partai Kongres yang dipimpin Rahul Gandhi, hanya meraih 51 kursi. Rahul adalah buyut, cucu, dan putra dari tiga mantan PM India. Yakni Jawaharlal Nehru, Indira Gandhi, dan Rajiv Gandhi.

Rahul mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat kepada Modi. Rahul (48 tahun) juga sudah jatuh tertimpa tangga. Karena ia juga kalah di Amethi, kursi yang selama ini dikuasai oleh keluarganya dan sekarang direbut oleh mantan bintang televise yang maju via BJP.

Sementara kantor pusat BJP di New Delhi pecah oleh sorak sorai para pendukung. Mereka memukul-mukul drum, meletuskan petasan, menari, dan bernyanyi bersama. Ratusan pendukung loyal partai juga memadati taman dan jalan-jalan di sekitarnya tatkala menantikan kehadiran Modi.

“Modi yang akan menjadikan India hebat lagi. Modi adalah perdana menteri terkuat yang pernah dimiliki India. Kami harus mendukung kebijakan-kebijakannya agar mencapai kemakmuran,” ujar Santosh Joshi, salah seorang pendukungnya.

Sementara di kantor pusat Kongres, para pendukung yang pilu terduduk dalam beberapa kelompok di bawah pohon rindang.

“Kami sedih tapi akan bangkit lagi. Modi menang karena kebohongan dan janji-janji palsunya. Negara sekarang dalam bahaya,” ujar Rajesh Tiwari, salah seorang pendukung Kongres, kepada AFP.

Kemenangan mutlak Modi disambut sangat positif pasar saham India. Indeks Sensex di Bursa Mumbai untuk pertama kalinya menembus level 40.000. Sambutan luar biasa dari pasar saham ini juga dikarenakan perolehan kursi BJP bertambah dibandingkan kemenangan pada 2014.

“Saatnya untuk transformasi India. Saatnya untuk reformasi mendalam. Saya memimpikan kita sebagai Negara adikuasa global dalam hidup saya,” tulis bankir terkaya India Uday Kotak lewat media sosial Twitter, ketika memberi selamat kepada Modi. (afp)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA