Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Binagriya Upakara Bukukan Premi Rp 41,27 Miliar

Rabu, 29 Juli 2015 | 04:57 WIB
ah

JAKARTA – PT Asuransi Binagriya Upakara membukukan premi Rp 41,27 miliar pada semester I-2015. Realisasi tersebut mencapai 52% dari target premi tahun ini yang sebesar Rp 126 miliar. Lini usaha properti (asuransi kebakaran) masih mendominasi perolehan premi perseroan.

 

Presiden Direktur Asuransi Binagriya Upakara Ahmad Fauzie Darwis mengatakan, perseroan berhasil menumbuhkan total premi sebesar 60% secara year on year (yoy) pada semester I lalu. Pencapaian itu lebih tinggi 30% dibanding pertumbuhan premi perseroan pada Juni 2014 terhadap periode sama tahun 2013 yang tumbuh 30%.

 

Menurut dia, kontributor utama pertumbuhan premi perseroan hingga akhir semester I-2015 berasal dari asuransi properti yang naik sekitar 60% (yoy).

 

“Selain asuransi properti, lini usaha kami yang juga tumbuh positif adalah asuransi cargo (pengangkutan) dan kendaraan. Kedua lini itu masing-masing tumbuh 20% (yoy). Sejalan dengan premi yang tumbuh, pada semester I lalu perolehan laba kami mencapai Rp 12,4 miliar atau 56,36% dari target tahun ini yang sebesar Rp 22 miliar,” ujar dia di sela acara halal bihalal pengurus Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta, Senin (27/7).

 

Walaupun Asuransi Binagriya Upakara mencatatkan pertumbuhan premi signifikan secara yoy, Fauzie menyatakan, kondisi klaim masih normal. Bahkan, klaim dari sisi asuransi kendaraan baik. “Kendati penjualan kendaraan bermotor menurun, premi asuransi kami justru naik. Namun, klaim asuransi kendaraan perseroan masih baik,” papar dia.

 

Saat ini Dana Pensiun PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) atau Dapen BTN masih menjadi pemegang saham utama perseroan dengan kepemilikan saham 75,37%.

 

Selain distribusi (channel distribution) broker dan bancassurance, Asuransi Binagriya Upakara juga memiliki jalur keagenan (agency). Menurut Fauzie, perseroan tengah meningkatkan jumlah agen yang ada.

 

Saat ini, perusahana asuransi umum ini memiliki total agen sebanyak 300 orang. Padahal, tahun lalu perseroan hanya memiliki sekitar 200 agen. “Namun, dari jumlah agen yang ada belum tentu aktif semua. Untuk itu, setiap tiga bulan kami selalu mengkaji keaktifan agen. Setelah review tersebut, agen yang diketahui tidak aktif akan perseroan lepas,” tutur dia. (dka)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN