Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kasus Koperasi Pandawa Lebih Disebabkan Faktor Greedy

Kamis, 23 Februari 2017 | 13:39 WIB
Oleh Gita Rossiana dan Fikry Rausyan

Perencana keuangan Joice Tauris Santi menilai kasus penipuan berkedok investasi, seperti pada kasus Koperasi Pandawa lebih disebabkan faktor greedy. “Sangat tidak rasional kalau return-nya 10% per bulan,” ucap dia.


Dia mencontohkan, untuk periode 10 tahun terakhir, return di pasar saham saja hanya sekitar 15% per tahun, obligasi 12% per tahun, dan deposito 4% per tahun.


Ini lebih karena faktor greedy. Jangan serakah, normal saja. Tidak mungkin meningkatkan nilai uang secara bim salabim. Dalam investasi, pakemnya itu high risk high return. Tidak ada return tinggi tapi risiko serendah-rendahnya,” ujar dia.


Dia menegaskan, agar ke depan kasus serupa tidak terulang, regulator harus melakukan edukasi literasi keuangan kepada masyarakat secara berulang-ulang. Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tak cukup sekali, tapi harus berulang-ulang agar efektif.


Regulator, kata dia, juga perlu mengarahkan masyarakat untuk berinvestasi di institusi resmi, baik pasar modal maupun pasar finansial lainnya.


Jadi, dalam proses edukasi ini, regulator butuh effort yang besar. Jangan cuma sekali, banyak masyarakat dikasih tahu sekali tapi belum paham juga soal investasi. Maka harus berkali-kali agar efektif,” tegas dia.


Joice menuturkan, peran dari Satgas Waspada Investasi juga harus ditingkatkan dengan terus menambah instansi-instansi terkait investasi di dalamnya. Peran OJK, Bank Indonesia (BI), Kejaksaan, dan Polri, pun harus terus diintegrasikan. (nti/c10/tl/az)


Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/moneyandbanking/masyarakat-perlu-edukasi-dan-sosilisasi/156923

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN