Menu
Sign in
@ Contact
Search

Bank-bank Siapkan Dana Tunai

Senin, 26 Juni 2017 | 22:54 WIB

Sementara itu, untuk mengantisipasi penarikan uang tunai para nasabahnya selama Ramadan dan Lebaran, bank-bank meningkatkan persediaan dana tunai. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, misalnya, menyiapkan dana tunai Rp 23,5 triliun atau Rp1,1 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri 1438 H.

 

“Rencananya, sekitar 85% dari dana tersebut akan disalurkan kepada masyarakat via mesin anjungan tunai mandiri (ATM), sedangkan 15% melalui kantor cabang,” kata Direktur Ritel Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tardi.

 

Tardi mengungkapkan, penyiapan dana tunai tersebut meningkat sekitar 10% dari nilai yang disiapkan secara harian pada kondisi normal. “Antisipasi ini kami siapkan mengingat perkiraan tingginya kebutuhan uang tunai, terutama pada dua pekan sebelum dan sesudah Idul Fitri, khususnya saat liburan dan cuti bersama,” papar dia.

 

Khusus untuk mesin ATM, kata Tardi, Bank Mandiri juga bakal meningkatkan pasokan uang tunai menjadi Rp 1 triliun per hari, dari sekitar Rp 900 miliar per hari mulai 12 Juni hingga 23 Juni 2017. Itu dilakukan mengingat masa liburan Idul Fitri 1438 H berlangsung pada 26-30 Juni 2017.

 

“Dari nilai itu, sekitar 40% akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek, selebihnya ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek, seperti Medan, Semarang, Surabaya, dan Bandung,” ujar dia.

 

Dia menambahkan, Bank Mandiri juga memastikan seluruh operasional layanan ATM tetap terjaga selama liburan. “Kami membentuk tim ATM yang akan selalu siaga. Masyarakat dapat melakukan transaksi melalui 17.694 ATM Bank Mandiri.

 

Selain itu, nasabah dapat memanfaatkan lebih dari 60 ribu jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus,” ucap dia.

 

Bank pelat merah itu juga menyediakan layanan 24 jam lainnya, yakni Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000. Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman.

 

“Ada informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televise berlangganan, internet, serta pembelian isi ulang pulsa,” papar dia.

 

Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, menurut Tardi, perseroan menyiapkan satu unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang di kawasan Monas selama dua pekan, yakni pada 5-16 Juni 2017,” papar dia. (az)

 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/moneyandbanking/bca-siapkan-dana-rp-44-triliun/161998

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com