Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (Foto: Investor Daily/Nida Sahara)

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (Foto: Investor Daily/Nida Sahara)

Dirut BNI (BBNI) Ungkap Transformasi Bank Mayora Jadi Bank Digital yang Fokus UMKM

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:08 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) secara lengkap mengungkapkan rencananya untuk mengakuisisi PT Bank Mayora. Akuisisi ini dilakukan untuk menekan biaya dana yang cukup tinggi dalam pengembangan bisnis di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan, perseroan sudah mempublikasikan rencana mengenai akuisisi Bank Mayora. Nilai transaksi dari akuisisi mencapai Rp 3,5 triliun atau ekuivalen dengan price to book value (PBV) dua kali.

"Pengumuman mengenai komposisi pemegang saham akan disampaikan kemudian," jelas Royke dalam acara Analyst Meeting yang dilakukan secara Virtual, Rabu (26/1).

Melalui akuisisi ini, BNI akan mengembangkan sektor UMKM yang selama ini melibatkan nilai transaksi yang besar, namun risikonya juga tinggi karena tingginya biaya dana (cost of fund). Karenanya, BNI ingin memanfaatkan teknologi untuk bisa memperkecil risiko dari pengembangan UMKM, namun tetap bisa menghasilkan nilai transaksi yang besar.

Baca juga: Ini Update Rencana Rights Issue BNI (BBNI)

"BNI memang cukup agresif di UMKM karena terlibat dalam program kredit usaha rakyat (KUR). Dalam pengembangan UMKM ini, masih banyak potensi yang belum bisa diharap karena itu kami ingin melakukan dengan cara berbeda supaya bisa menekan cost jadi lebih rendah," kata dia.

Selain itu, pengembangan bank digital ini juga membuka bagi BNI untuk bisa masuk ke bisnis e-commerce. Sejauh ini, BNI sudah bernegosiasi dengan bebeapa perusahaan teknologi dan ada satu perusahaan yang cukup serius komunikasinya.

Baca juga: Perkuat Ekosistem Diaspora, BNI Xpora Gandeng HOI    

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal menambahkan, sejauh ini, BNI sudah memiliki program Xpora untuk pengembangan UMKM. Dalam enam bulan, program ini sudah bisa menyalurkan kredit Rp 2,49 triliun dan berhasil membawa 600 UMKM go global.

BNI juga berkolaborasi dengan salah satu perusahaan e-commerce, yakni Shopee untuk bisa mendukung pelaku UMKM masuk ke pasar ekspor.

"Melalui kerjasama dengan cabang di luar negeri, kami juga menghubungkan pelaku UMKM dengan pembeli dari berbagai negara seperti Korea Selatan, Inggris, Filipina, Malaysia, Singapura dan lainnya," kata dia.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN