Menu
Sign in
@ Contact
Search

Siapkan SuperApp, BTN Incar 7 Juta Pengguna Mobile Banking 

Jumat, 20 Jan 2023 | 08:17 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN akan merilis "SuperApp" BTN Mobile pada awal tahun 2023. Aplikasi ini diyakini jadi kekuatan bank ini dalam menghadapi ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan Tanah Air. 

Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengklaim bahwa kemunculan "SuperApp" BTN Mobile nantinya akan membuat Bank BTN memiliki pelayanan yang lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital.

"Kuncinya kalau kita masuk digitalisasi tidak cukup dari sisi atau faktor solusi teknologinya saja, tapi kita harus memiliki kekuatan ekosistem. Saat ini pada dasarnya kita sudah memiliki ekosistem, khususnya ekosistem mortgage (perumahan) yang selama ini menjadi kekuatan BTN, sehingga konsep solusi digital kita melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem kita. Ini lah yang akan didorong menjadi pembeda kami," kata Andi dalam keterangan tertulis, Jumat (20/1/2023).

Andi menambahkan, saat ini persaingan mobile banking di industri perbankan nasional, memang cukup ketat bahkan fungsi-fungsi dasar seperti payment (pembayaran) seperti pembayaran listrik, telepon, air dan juga Pembelian, seperti Top Up emoney, Listrik Pra bayar, dll, juga bisa dilayani oleh fintech/e-commerce. 

Advertisement

Baca juga: Ekspansi, BTN Syariah Buka Kantor Cabang di Bandar Lampung

"Sehingga  BTN Mobile selain memiliki fitur dasar payment & purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem kita," ujarnya.

Andi menjelaskan, Bank BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai "SuperApp" karena fitur-fitur yang ditawarkan tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tapi juga memiliki fitur financial yang terkait dengan life circle ekosistem kita di sektor perumahan. "Melayani nasabah kita dari mulai kepemilikan rumah, sampai dia tinggal di dalamnya, diluar kebutuhan transaksi dasar seperti bayar listrik, air, gas, pajak (PBB). Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN.  Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," jelasnya.

Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh SDM-SDM andal yang dipersiapkan oleh BTN, Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabahnya. "Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.

Bank BTN sendiri menyasar sekitar 5-7 juta nasabahnya untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nantinya. "Saat ini saja, potensi yang ada berkisar 5-7 juta nasabah BTN yang terkait dengan kebutuhan KPR.

"Dengan memaksimalkan ini kita sudah bisa memperoleh optimalisasi transaksi yang sudah ada di BTN, di samping kita akan mengakusisi nasabah-nasabah baru seiring dengan inovasi-inovasi produk mortage yang dibuat," pungkas Andi.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com