Menu
Sign in
@ Contact
Search

OJK Wajibkan Perencana Keuangan Jelaskan Prodok Rekomendasi

Kamis, 17 April 2014 | 13:46 WIB
Anis Rifatul Ummah (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan perencana keuangan memberikan penjelasan mengenai manfaat, biaya dan risiko atas produk atau layanan di sektor jasa keuangan yang direkomendasikan kepada klien.

"OJK juga mewajibkan perencana keuangan menginformasikan mengenai otoritas pengawas atas produk dan atau layanan yang direkomendasikan," kata Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK), Kusumaningtuti S Soetiono dalam keterangan pers OJK di Jakarta, Kamis.

Menurut Kusumaningtuti, OJK mendorong perencana keuangan menegakkan kode etik dan melaksanakan tata kelola yang baik (good governance) termasuk melakukan analisis yang didukung riset memadai dalam merekomendasikan suatu produk dan atau layanan kepada klien.

Penjelasan kepada klien menjadi aspek penting dan harus dipastikan bahwa klien telah memahami dan menyetujui serta bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat.

Perjanjian kedua belah pihak ini menjadi referensi utama jika di kemudian hari terjadi permasalahan atau sengketa maupun kegagalan dari keputusan yang telah disepakati antara perencana keuangan dan kliennya.

"Tetapi OJK tetap melarang perencanaan keuangan untuk bertindak sebagai manajer investasi. Untuk bisa menjadi manajer investasi harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan berdasar Peraturan OJK," kata Kusumaningtuti. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com