Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

BNI Fasilitasi Layanan M-POS ke Equity Life

Kamis, 26 Juni 2014 | 23:40 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memfasilitasi PT Equity Life Indonesia dengan layanan berbasis mobile point of sales (m-POS) untuk memudahkan transaksi pembayaran premi asuransi.

General Manager Product Management Division Consumer and Retail Banking BNI Dodit Wiweko Probojakti mengatakan, Equity Life Indonesia menjadi pengguna pertama program layanan tersebut. Produk m-POS tersebut dikembangkan BNI dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

BNI m-POS merupakan platform baru yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit dan kartu debit ber-chip. Melalui platform tersebut, merchant cukup menggunakan telepon selular cerdas (smartphone) yang memiliki aplikasi BNI m-POS, ditambah dengan perangkat dongle atau alat baca kartu pembayaran yang dihubungkan ke smartphone.

Dia juga menjelaskan, BNI telah menjalin kerja sama dengan 10 perusahaan asuransi lainnya untuk penggunaan m-POS dan tinggal direalisasikan dengan pemberian dongle.

“Dengan BNI m-POS, transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan aman, karena BNI m-POS merupakan perangkat EDC (electronic data capture) berbasis 3G/wifi yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan yang memiliki smpartphone. Mengingat saat ini akselerasi peningkatan penggunaan smartphone di Indonesia yang sangat tinggi,” ujar dia pada acara penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara BNI, Telkomsel, Equity Life Indonesia, serta Mastercard di Jakarta, Kamis (26/6).

Penggunaan platform pembayaran terbaru ini menjadikan BNI sebagai bank pertama di Indonesia yang mengaplikasikan m-POS. Indonesia menjadi negara ketiga di antara negara-negara anggota Asean yang menerapkan sistem pembayaran tersebut setelah Thailand dan Filipina. Dengan dukungan MasterCard Indonesia, BNI m-POS dapat diluncurkan untuk pertama kalinya pada 5 Juli 2013, bertepatan dengan ulang tahun BNI ke-67.

Direktur Equity Life Indonesia Christinawati Hadiman menjelaskan, pihaknya memiliki sejumlah agen yang bisa difasilitasi dengan m-POS untuk memudahkan transaksi pembayaran premi para nasabah. ”Salah satu keunggulan yang dimiliki BNI m-POS adalah bentuknya yang kecil, ringan dan mudah digunakan (user friendly). Ini sangat cocok dengan industri asuransi, terutama bagi para agen dan petugas kami dalam memberi layanan terbaik bagi nasabah di seluruh Indonesia,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Vice President Payment and Banking Telkomsel Raden Andi Kartiko Utomo mengatakan, kehadiran produk BNI m-POS menjadi hal positif bagi konsumen di Indonesia, khususnya bagi mereka yang melakukan transaksi melalui ponsel. “Dengan adanya m-POS, para pelanggan Telkomsel yang memiliki alat pembayaran menggunakan kartu akan lebih efisien, karena mereka dapat menggunakan kapan saja dan di mana saja,” ujar dia.

Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar menambahkan, seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile di Indonesia, MasterCard telah memperkenalkan platform baru dan inovatif untuk memudahkan konsumen saat melakukan pembayaran elektronik. Solusi BNI m-POS yang didukung oleh MasterCard memberikan layanan transaksi yang aman (safe), mudah (simple) dan pintar (smart), saat konsumen melakukan transaksi dengan alat pembayaran menggunakan kartu.

“Kami sangat yakin bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat yang besar kepada masing-masing pihak, terutama nasabah BNI dan Equity Life Indonesia serta pelanggan Telkomsel di Indonesia,” ujar Irni. (teh)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN