Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

BTN Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

(gor/ant), Rabu, 27 Februari 2019 | 09:50 WIB

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 atas prestasi yang diperoleh dalam melakukan handling layanan nasabah. Sertifikasi ISO 9001:2015 diterima perseroan dari British Standard Institute (BSI), salah satu lembaga sertifikasi yang merupakan counterpart dari national standards body United Kingdom yang telah tersertifikasi secara International dan merupakan member of International Acreditation Forum (IAF).

Direktur BTN Dasuki Amsir mengatakan, BTN dinilai oleh BSI layak menerima sertifikat ISO 9001:2015, karena telah memenuhi tuntutan tujuh prinsip Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015.

“Dalam penilaian BSI, BTN telah memenuhi customer focus, leadership, proses approach, engagement of people, improvement, evidence based decision making, dan relationship management. Hasil inilah yang mengantarkan BTN menerima sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut dari BSI,” jelas Dasuki dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Selasa (26/2).

Menurut Dasuki, diterimanya sertifikasi tersebut oleh BTN adalah buah dari komitmen perseroan sebagai salah satu bank BUMN yang memberikan layanan prima untuk meningkatkan kepuasan nasabah, dengan tanggap terhadap pengaduan dan memberikan jawaban yang akurat serta memberikan pelayanan yang tepat waktu sesuai dengan SLA dan peraturan yang berlaku.

Dengan telah diterapkannya tujuh prinsip SMM ISO 9001:2015 di BTN, Dasuki meyakini layanan pengaduan nasabah BTN dapat memenuhi kepuasan seluruh nasabah secara konsisten dan memenuhi standar. Di samping itu, implementasi standardisasi ISO 9001:2015 yang diterima BTN diharapkan akan dapat meningkatkan loyalitas nasabah kepada BTN.

“Ada satu tantangan untuk BTN agar bagaimana dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan menjadi lebih baik dalam menangani keluhan atau complain nasabah dan berlaku standar di seluruh kantor cabang BTN. Kami memberikan komitmen itu untuk dapat dilaksanakan secara nasional di seluruh kantor layanan BTN, sehingga seluruh nasabah perseroan akan terlayani dengan baik,” tegas Dasuki.

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sistem manajemen mutu mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Rangkaian proses sertifikasi yang dilaksanakan bersama dengan BSI melalui lima tahapan yaitu; Gap Assessment; Requirement Training Course; Implementation, Documentation and Workshop; Internal Auditor Training Course and Live Audit; dan Document Review.

Keseluruhan rangkaian tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh BTN. (ris)

BAGIKAN