Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
bank Bukopin. Foto: beritasatu.com

bank Bukopin. Foto: beritasatu.com

Bukopin Targetkan Kredit UMKM Tumbuh 8%

Nida Sahara, Selasa, 9 Juli 2019 | 08:13 WIB

JAKARTA.investor.id – PT Bank Bukopin Tbk tahun ini menargetkan pertumbuhan kredit segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar 8% secara tahunan (year on year/yoy). Sementara itu, hingga akhir semester pertama tahun ini pertumbuhan kredit UMKM perseroan masih di bawah 5% (yoy).

Direktur UMKM Bank Bukopin Heri Purwanto mengatakan, pihaknya tetap optimistis pada semester kedua pertumbuhannya akan lebih baik hingga mencapai target. "UMKM pada semester II harapannya bisa tambah kredit baru Rp 2,5 triliun, jadi secara year on year tahun ini UMKM bisa tumbuh 8%. Semester pertama kami masih di bawah 5%," ungkap Heri di Jakarta, Senin (8/7).

Heri menjelaskan, kredit UMKM perseroan terdiri atas sektor perdagangan, kendaraan, perkebunan, dan juga project finance. Selain itu ada di sektor kesehatan. "Paling besar itu porsinya di project finance untuk mendukung project pemerintah dalam infrastruktur. Kemudian juga ada di kesehatan, jadi tagihan biaya kepada BPJS Kesehatan itu bisa dijual ke kami," tutur Heri.

Adapun untuk menggenjot pertumbuhan UMKM tahun ini perseroan menggandeng Gading Auto Center, salah satu pusat showroom kendaraan bermotor di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Bukopin dan Gading Auto Center menyepakati kerja sama dalam rangka penyaluran pembiayaan modal kerja stok kendaraan bermotor kepada pusat showroom tersebut.

Untuk tahap awal, ditargetkan dapat menyalurkan kredit modal kerja sebesar Rp 50 miliar kepada Gading Auto Center. Kerja sama pembiayaan modal kerja tersebut rencananya akan dilakukan untuk membiayai mitra showroom yang terdapat di Gading Auto Center yang berlokasi di Jakarta Utara.

"Saat ini Gading Auto Centre telah bekerja sama dengan 27 mitra showroom mobil bekas dan diharapkan ke depannya akan terus bertambah, serta kami optimistis melalui kerjasama pembiayaan showroom pada tahap awal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kredit UMKM sebesar Rp 50 miliar," papar Heri.

Heri menjelaskan, pertumbuhan kredit UMKM semester pertama belum begitu signifikan dikarenakan kondisi perekonomian secara umum yang masih belum stabil. Perseroan berharap dengan penyaluran pola pembiayaan dengan skema showroom financing yang ada saat ini dapat mendongkrak pertumbuhan kredit segmen UMKM Bank Bukopin.

"Kami cukup yakin dengan berangsur pulihnya perekonomian secara umum serta adanya terobosan produk-produk baru yang dapat menggebrak pasar, maka di akhir tahun nanti pertumbuhan kredit akan sangat signifikan," tambah Heri.

baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA