Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
CIMB Niaga

CIMB Niaga

CIMB Niaga Cetak Laba Bersih Konsolidasi Rp 2 Triliun

Jumat, 19 Februari 2021 | 19:33 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id) ,Thomas E Harefa (thomas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank CIMB Niaga Tbk mencetak laba bersih konsolidasi (audited) sebesar Rp 2,0 triliun pada 2020, menghasilkan earnings per share Rp 80,72.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan menjelaskan, tahun 2020 merupakan tahun yang menentukan dalam sejarah CIMB Niaga di tengah tantangan yang dihadapi industri perbankan sebagai dampak dari Covid-19.

“Tidak ada yang lebih penting pada 2020 dibandingkan kelangsungan usaha perseroan. Langkah tersebut kami wujudkan dengan memprioritaskan kesejahteraan karyawan, membantu nasabah agar usaha mereka dapat terus berjalan dan kebutuhan finansial tetap terpenuhi, serta turut mendukung program Pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional,” terang dia dalam keterangan tertulis, Jumat (19/12/2021).

Selain itu, perseroan tetap fokus mengembangkan bisnis dengan menyediakan layanan perbankan terbaik bagi nasabah, mengerahkan sumber daya manusia yang andal, dan memanfaatkan teknologi digital agar perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan usaha.

“Lebih dari 65 tahun CIMB Niaga telah melayani masyarakat, dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk serta layanan perbankan yang prima bagi nasabah, melalui penyempurnaan dan inovasi tanpa henti," jelas Tigor.

Berdasarkan data perseroan, capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) CIMB Niaga tercatat baik masing-masing sebesar 21,92% dan 82,91% per 31 Desember 2020.

Dengan total aset sebesar Rp 280,9 triliun per 31 Desember 2020, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Total penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tercatat Rp 207,5 triliun dengan rasio CASA (dana murah) 59,62%. Adapun giro dan tabungan mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 14,1% secara year on year (yoy) dan 14,4% (yoy), sejalan dengan komitmen CIMB Niaga untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

Jumlah kredit yang disalurkan CIMB Niaga sebesar Rp 174,8 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis consumer banking yang tumbuh 1,7% (yoy). Kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh 5,9% (yoy), sementara kredit pemilikan mobil (KPM) meningkat sebesar 4,5% (yoy).

“Dalam situasi pandemi Covid-19, kami bersyukur dianugerahi sebagai The Most Helpful Bank during Covid-19 in Indonesia dari The Asian Banker. Penghargaan ini menunjukkan komitmen kami untuk senantiasa mendukung dan membantu nasabah dalam menghadapi pandemi,” terang Tigor.

Sementara itu, di segmen perbankan syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp 31,9 triliun dan DPK sebesar Rp 29,8 triliun per 31 Desember 2020.

Ke depan, CIMB Niaga akan terus fokus pada kualitas aset, mengelola biaya, dan pertumbuhan CASA, memperbesar bisnis consumer serta usaha kecil dan menengah (UKM), dan melakukan inovasi terhadap layanan digital.

“Kami juga fokus pada percepatan strategi Forward 23+ khususnya customer journey, meningkatkan produktivitas, dan mencari peluang-peluang baru di tengah pandemi Covid-19,” tambah Tigor.

 

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 31 Desember 2020, sebesar 95,0% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, automated teller machines (ATM), dan Rekening Ponsel.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus berupaya untuk meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 451 jaringan kantor (termasuk 33 mobile branch dan 38 digital lounge). Per 31 Desember 2020, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung oleh 4.316 ATM, 266.935 electronic data capture (EDC dan QR), serta 934 cash deposit dan recycle machines.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN