Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Naik Tipis 2 Poin, Rupiah 8.670 per Dolar AS

Antara, Selasa, 19 April 2011 | 09:41 WIB

JAKARTA - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi cenderung bertahan, karena sebagian besar pelaku masih belum masuk pasar, akibat lesunya pasar regional. Rupiah naik dua poin menjadi Rp 8.670 dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 8.672 per dolar.

Analis PT First Asia Capital, Irfan Kurniawan di Jakarta, Selasa mengatakan, pelaku pasar mulai memmbeli rupiah namun masih hati-hati karena pasar regional masih belum positif.  “Pasar regional masih belum memberikan dukungan positif mengakibatkan pelaku pasar lokal lebih cenderung berdiam diri,” katanya.

Pelaku pasar, menurut dia masih menunggu laporan kinerja emiten pada kuartal pertama 2011 yang akan diumumkan pada awal bulan depan. “Selain itu juga mereka menunggu laporan data ekonomi Amerika Serikat yang juga akan diumumkan pada pekan depan,” ujarnya.

Kondisi ini mengakibatkan pasar lesu belum ada kegiatan yang berarti, sehingga pergerakan rupiah di pasar masih dalam kisaran sempit. Rupiah sebenarnya sejak pekan lalu cenderung stabil, karena masih berada pada posisi antara Rp 8.660 hingga Rp 8.670 per dolar.

“Pada posisi itu, rupiah kadang mengalami kenaikan maupun penurunan dalam kisaran ketat yang menunjukkan bahwa pergerakan rupiah dijaga ketat oleh Bank Indonesia BI,” tuturnya.

BI, menurut dia, juga mempunyai kepentingan terhadap dolar yang dinilai saat ini mengalami penurunan cukup tajam dan perlu diangkat kembali.  (gor/ant)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA