Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha saat konferensi pers terkait Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442H secara virtual, Senin (3/5/2021). (Investor Daily/Nida Sahara)

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha saat konferensi pers terkait Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442H secara virtual, Senin (3/5/2021). (Investor Daily/Nida Sahara)

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Libur Lebaran, BRI Siapkan Rp 36,7 Triliun

Senin, 3 Mei 2021 | 21:52 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 2021. Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai selama libur Lebaran, BRI menyiapkan uang kas Rp 36,7 triliun, meningkat 8% secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha mengatakan, perseroan tetap beroperasi dengan memberikan layanan terbatas pada 12 dan 15 Mei 2021. Layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor, di mana masyarakat tetap dapat membuka rekening, penarikan dan penyetoran simpanan, setoran pinjaman, complain handling serta jual beli bank notes.

BRI juga tetap melayani penebusan setoran BBM/non-BBM Pertamina di 135 kantor serta pelayanan pick up Service ASDP di 37 kantor. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, BRI juga menyediakan layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di 20 kantor cabang BRI se-Jabodetabek yang telah mulai dilaksanakan pada 13 April lalu hingga menjelang libur pada 11 Mei mendatang.

"Kesediaan uang tunai tahun ini Rp 36,7 triliun, naik 8% dibandingkan realisasi tahun lalu. Kami siapkan mengingat mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat," ucap Arga dalam konferensi pers Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442 H, secara virtual, Senin (3/5).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha saat konferensi pers terkait Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442H secara virtual, Senin (3/5/2021). Foto: IST
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha saat konferensi pers terkait Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442H secara virtual, Senin (3/5/2021). Foto: IST

Perseroan menyiapkan uang kas Rp 36,7 triliun akan dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan unit kerja operasional (UKO). "Ini karena ada dua kepentingan. Pertama untuk pengisian di mesin ATM dan CRM, kedua juga untuk kebutuhan penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat," jelas dia.

Persiapan uang tunai tersebut juga telah memperhitungkan bergesernya pola transaksi nasabah dari transaksi tunai menjadi digital. Meskipun ada peningkatan 8% dibandingkan periode tahun lalu, hal ini karena mulai adanya vaksinasi Covid-19 dan aktivitas ekonomi yang mulai berjalan, berbeda dari tahun lalu di mana aktivitas ekonomi belum pulih.

Selain dapat menggunakan internet banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo. "Dengan menggunakan BRImo, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi karena dapat dilakukan dari manapun dan kapanpun. Selain itu, dengan mengurangi transaksi tunai dan beralih menggunakan mobile banking maka dapat mengurangi penyebaran virus," imbuh Arga.

SEVP Operation BRI Muhammad Syafri Rozi menambahkan, sejak mulai dilakukan layanan penukaran UPK di kantor BRI, terlihat kurangnya animo dari masyarakat. "Kami lihat terjadi penurunan, karena masyarakat sudah sangat familiar dan menggunakan transaksi digital," ujar dia.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha saat konferensi pers terkait Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442H secara virtual, Senin (3/5/2021). Foto: IST
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha saat konferensi pers terkait Kesiapan Layanan BRI Selama Libur Lebaran 1442H secara virtual, Senin (3/5/2021). Foto: IST

Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Agen BRILink memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, dan transaksi lainnya.

Melalui kemudahan akses layanan perbankan, BRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Agen BRILink telah melayani masyarakat di 54,6 ribu desa, atau lebih dari 70% jumlah desa di seluruh Indonesia. Adapun daftar unit layanan terbatas ini dapat diakses di website resmi BRI (https://bri.co.id/layanan-terbatas).

Selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BRI tetap berkomitmen menjaga service level yang sama untuk layanan pelanggan melalui Contact BRI. "Kami menyediakannya melalui call center 14017 atau 1500017 dan akun-akun media sosial kami, dan di mana agen-agen kami siap melayani nasabah 24 jam sehari," jelas Arga.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN