Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi (Kiri), Direktur Bank Mayapada Rudy Mulyono (Kanan), Direktur Bank Mayapada Harry sasongko (Belakang) saat Public Expose PT Bank Mayapada Internasional Tbk yang digelar secara virtual, Rabu (21/7).

Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi (Kiri), Direktur Bank Mayapada Rudy Mulyono (Kanan), Direktur Bank Mayapada Harry sasongko (Belakang) saat Public Expose PT Bank Mayapada Internasional Tbk yang digelar secara virtual, Rabu (21/7).

Perkuat Modal, Bank Mayapada Tak Bagikan Dividen

Rabu, 21 Juli 2021 | 19:47 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Mayapada Internasional Tbk memutuskan tidak membagikan dividen bagi para pemegang saham tahun ini. Seluruh laba perseroan tahun buku 2020 ditetapkan menjadi laba ditahan untuk memperkuat permodalan.

Corporate Secretary Bank Mayapada Jennifer Ann menjelaskan, RUPST menyetujui penetapan penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2020 sebesar Rp 64,16 miliar, salah satunya untuk memenuhi ketentuan Pasal 39 Anggaran Dasar Perseroan juncto Pasal 70 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) untuk melakukan cadangan dari laba bersih setiap tahun, sampai cadangan mencapai 20% dari total Modal Disetor.

"Kami mencadangkan sebesar 2,34% dari laba bersih tahun 2020 yakni sebesar Rp 1,5 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp 62,64 miliar akan dicatatkan sebagai laba yang ditahan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan," kata Jennifer dalam paparan publik usai RUPS, Rabu (21/7).

Lebih lanjut, Jennifer menagatakan, RUPST menyetujui laporan realisasi penggunaan dana Penawaran Umum Terbatas XII Bank Mayapada 2019 senilai Rp 997,34 miliar yang telah direalisasikan seluruh penggunaannya pada kuartal IV-2020 dan digunakan untuk ekspansi usaha melalui penyaluran kredit.

RUPST juga menyetujui laporan realisasi penggunaan dana penawaran umum terbatas XIII Bank Mayapada 2021 yang setelah dikurangi biaya-biaya sebesar Rp 1,99 triliun yang telah direalisasikan penggunaannya untuk ekspansi usaha melalui penyaluran kredit sebesar Rp 1,62 triliun dan sisa dana tersebut sebesar Rp 376,37 miliar ditempatkan pada Bank Indonesia dalam bentuk depo facility.

Jeniffer menambahkan, RUPST juga menyetujui perubahan susunan dewan komisaris dan anggota direksi perseroan. Rapat memutuskan untuk memberhentikan Andreas Wiryanto selaku wakil direktur utama perseroan dan mengangkat Andreas Wiryanto kembali sebagai direktur. Pemberhentian dan pengangkatan masa telah berlaku efektif. Selanjutnya, RUPST mengangkat Thomas Arifin sebagai wakil direktur utama dan Yusak Pranoto sebagai direktur.

Dengan demikian, susunan pengurus yang baru adalah Direktur Utama Hariyono Tjahjarijadi, Wakil Direktur Utama Thomas Arifin, Direktur Andreas Wiryanto, Direktur Rudy Mulyono, Direktur Harry Sasongko Tirtotjondro, dan Direktur Yusak Pranoto. Adapun, di jajaran komisaris antara lain Komisaris Utama Dato’ Sri Tahir, Komisaris Hendra, dan Komisaris Independen Kumhal Djamil.

Dalam kesempatan tersebut Hariyono mengatakan, perseroan berkomitmen akan terus melakukan transformasi khususnya ke arah digital, karena menurut dia digital banking adalah sebuah keniscayaan. Perseroan, lanjut dia, juga senantias menangkap banyak peluang peningkatan kinerja di tengah perubahan perilaku nasabah di tengah pandemi Covid-19.

"Capex untuk pengembangan IT memang kami siapkan cukup besar. Kami siapkan capex untuk pengembangan produk digital dan untuk security IT, namun totalnya saya tidak ingat percisnya, angkanya dikisaran Rp 170-180 miliar," kata Hariyono.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN