Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Rupiah Selasa Siang Melemah 12 Poin Jadi Rp 8.684 per Dolar AS

Antara, Selasa, 19 April 2011 | 13:30 WIB

JAKARTA- Meski di sesi pagi sempat menguat, kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa siang, turun 12 poin menjadi Rp 8.684 per dolar dari sebelumnya Rp 8.672.

Menurut Direktur Utama PT Finan Corpindo Nusa, Edwin Sinaga di Jakarta, rupiah melemah akibat  perdagangan di pasar uang didominasi aksi lepas rupiah, menyusul merosotnya pasar regional.

“Pasar regional berlanjut melemah akibat merosotnya saham-saham di Wall Street,” ujarnya.

Pelaku pasar lokal, menurut dia, yang semula membeli berbalik arah dengan melepas rupiah, meski aksi lepas itu terjadi satu jam sebelum usai perdagangan. "Kami perkirakan rupiah akan kembali melemah pada perdagangan sore nanti," ujarnya.

Menurut dia, rupiah kemungkinan akan bisa mencapai level Rp 8.670 per dolar AS apabila tekanan pasar makin menguat.

Edwin mengatakan, rupiah tertekan pasar terutama terjadi setelah Bank Indonesia (BI) masuk pasar untuk menahan aksi beli dengan melepas cadangannya.

BI menginginkan rupiah berada dalam kisaran yang sempit, karena apabila faktor positif eksternal muncul mendorong rupiah, maka pergerakannya tidak akan melebar terlalu jauh.

Apalagi, lanjut dia, pelaku asing lebih cenderung melepas rupiah ketimbang membeli, karena mereka masih menunggu laporan kinerja keuangan Amerika Serikat.

"Kami optimistis apabila kinerja keuangan AS membaik maka peluang rupiah untuk naik akan kembali terjadi," katanya. (gor/ant)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA