Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari

Ultramikro Jadi Strategi BRI Dorong Peningkatan Inklusi Nasional

Selasa, 20 Juli 2021 | 19:24 WIB
Thomas E Harefa (thomas@investor.co.id)

JAKARTA, investor – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen untuk menjadi kontributor utama inklusi keuangan nasional.

Mengutip website resmi Bank Dunia, inklusi keuangan adalah akses bagi setiap orang atau bisnis untuk bisa memanfaatkan produk ataupun layanan keuangan. Sementara itu berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 76/POJK.07/2016, inklusi keuangan adalah suatu ketersedian akses untuk berbagai produk, layanan jasa keuangan dan lembaga.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa inklusi keuangan adalah suatu kondisi yang memungkinkan setiap orang untuk dapat memiliki akses dalam memanfaatkan produk atau layanan jasa keuangan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, pada 2020 terdapat 112 juta masyarakat Indonesia atau setara 55,7% dari total populasi Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas. Mereka adalah kelompok usia yang telah menikmati layanan keuangan formal. OJK juga telah menetapkan bahwa pada 2024 target indeks inklusi keuangan nasional akan mencapai 90%, atau setara 194,9 juta penduduk usia 15 tahun ke atas telah menggunakan layanan perbankan.

Angka inklusi nasional saat ini berada di 55,7%, dan dari persentase tersebut BRI telah berkontribusi sebesar 58%. Untuk itu, peran BRI ke depan adalah berkontribusi meningkatkan inklusi keuangan dari 58% saat ini, menjadi 70% pada 2024. “Tahun 2024, jumlah rekening BRI harus bertumbuh menjadi 117 juta, yang artinya terdapat penambahan 50,4 juta rekening tabungan baru yang harus dilayani layanan perbankan,” terang Supari dalam keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021).

Penambahan sebesar 50,4 juta rekening ini menjadi tantangan bagi BRI. Namun, perseroan telah menyiapkan roadmap untuk mencapai hal tersebut salah satunya melalui pembentukan ekosistem ultramikro sebagai sumber pertumbuhan baru.

Supari memperkirakan, pada rentang tahun 2020 hingga 2025 terdapat lebih dari 45 juta usaha mikro potensial yang siap menyerap kredit. Dari jumlah tersebut, sekitar 22 juta usaha mikro di antaranya diperkirakan menyerap Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro.

“Melihat skala pelaku usaha mikro, BRI akan terus memberikan sentuhan inovasi yang memberikan kemudahan dan efisiensi pengelolaan usaha. Kemudian memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan inklusi,” jelas dia.

Peningkatan inklusi terkait pada perluasan penggunaan layanan formal keuangan yang digunakan. Bila selama ini hanya menggunakan simpanan, pinjaman dan transaksi, maka ditargetkan meningkat pada layanan proteksi.

Salah satu inovasi yang memudahkan monitoring, saat ini BRI telah membangun aplikasi BRIKodes yang merupakan dashboard profil inklusi serta layanan keuangan yang terdapat di seluruh desa yang dilayani BRI. Dalam aplikasi tersebut berisikan tentang market share BRI di tiap wilayah, customer base penerima bansos, jangkauan Agen BRILink, portofolio simpanan dan pinjaman serta jumlah tenaga pemasar BRI.

Untuk itu, lanjut Supari, BRI akan terus berinovasi agar menjangkau pelaku usaha mikro secara lebih luas dan dalam. Untuk itu, agar peningkatan inklusi dan pertumbuhan nasabah mikro terus terjaga, BRI terus meningkatkan penggunaan teknologi digital dalam berbagai pekerjaan dan layanan jasa keuangan.

“Sinergi ekosistem ultramikro bertujuan untuk memperluas jangkauan, memperdalam layanan dan memberdayakan masyarakat segmen lower mikro secara berkelanjutan,” pungkas Supari.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN