Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sinergi Bareksa, OVO dan Grab, Foto: perseroan

Sinergi Bareksa, OVO dan Grab, Foto: perseroan

Penjualan SBN Ritel Bareksa Bisa Naik Kencang Berkat Sinergi dengan OVO dan Grab

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:07 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Bareksa menargetkan pertumbuhan penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel tahun ini bisa tumbuh 100% seiring dengan sinergi yang dilakukan perusahaan bersama dengan Grab dan OVO.

Co-Founder Bareksa Karaniya Dharmasaputra mengatakan, pertumbuhan SBN sejauh ini tidak kalah dibandingkan dengan reksa dana yang pendistribusiannya sudah terlebih dahulu dilakukan. Peningkatan ini juga didorong oleh perkembangan teknologi.

“Berkat terobosan dari Kementerian Keuangan, pendistribusian SBN kini bisa dilakukan dengan teknologi digital. Kami melihat ada lonjakan yang signifikan dari penetrasi SBN ritel, terutama dari anak-anak muda. Ini merupakan fenomena yang baik,” ujar Karaniya dalam Konferensi Pers secara Virtual, Jumat (21/1).

Baca juga: Bareksa Kembali Raih Penghargaan Mitra Distribusi SBN Terbaik

Karaniya mengharapkan, pada tahun ini kontribusi SBN ritel Bareksa bisa semakin kuat dengan adanya sinergi bersama Grab dan OVO. Adanya sinergi antara Bareksa dengan Grab dan OVO dinilai penting sebagai salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia. 

“Dukungan dari kedua perusahaan tersebut untuk semakin mengedukasi masyarakat dalam membeli SBN merupakan peran yang penting tahun ini. Diharapkan Bareksa sebagai mitra distribusi kemenkeu bisa semakin meningkat tahun ini,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Bareksa, OVO dan Grab telah melakukan sinergi ekosistem e-investasi, e-money dan super app untuk mendukung Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam memperluas distribusi Surat Berharga Negara Ritel pada tahun 2022.

Baca juga: Grab, Bareksa, dan OVO Kolaborasi Tingkatkan Inklusi Keuangan  

Sepanjang 2021, Bareksa telah membantu penjualan enam seri SBN Ritel, yang secara nasional total penjualannya mencapai Rp 97,21 triliun. Sejak dibukanya distribusi SBN Ritel melalui online (e-SBN) pada 2018 hingga 2021, Bareksa telah berkontribusi sebesar 20% terhadap total investor SBN Ritel dalam periode tersebut dan telah mendistribusikan SBN Ritel ke 34 provinsi di Indonesia.

OVO, sebagai platform pembayaran digital pilihan masyarakat Indonesia terus berupaya mendorong distribusi SBN ritel. Itu sebabnya, OVO mengajukan ke Kemenkeu untuk menjadi salah satu kanal pembayaran digital untuk SBN ke depan. 

"Sebagai bagian dari ekosistem digital Grab-OVO-Bareksa, OVO berkomitmen untuk terus mendorong inklusi keuangan dan memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia, yang tentunya diharapkan mampu mendorong pemulihan
ekonomi nasional," ujar CEO OVO Jaygan Fu Ponnudurai. 

OVO, kata dia, sangat mendukung Bareksa dalam pendistribusian SBN ritel dengan menjadi metode pembayaran pembelian SBN di platform itu. 

Selain itu, diharapkan aplikasi OVO dapat menjadi salah satu metode pembayaran untuk pembelian SBN ritel. 

Pada bagian lain, Grab, sebagai satu satu stakeholder dalam ekosistem Grab-Bareksa-OVO, akan herus hadir untuk mendorong inklusi dan literasi keuangan, termasuk yang berkaitan dengan SBN ritel. 

"Kami berharap sinergi Grab-Bareksa-OVO akan mempermudah akses masyarakat dalam layanan keuangan, serta mendorong peningkatan pemahaman masyarakat terhadap produk maupun layanan keuangan," papar Director of Fintech Strategy Grab Indonesia Anan Kasetra. 

Sinergi ekosistem tercermin dalam dukungan Grab dan OVO kepada Bareksa melalui promosi ke pengguna Grab dan OVO dengan memberikan edukasi dan reward. Setiap pembelian SBN ritel melalui Bareksa, investor berkesempatan menikmati reward berupa OVO point maupun Grab voucher untuk 1.000 orang. Program ini akan dimulai sejak 24 Januari hingga 17 Februari 2022.

 

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN