Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dirut Bank BRI, Sunarso.

Dirut Bank BRI, Sunarso.

BRI (BBRI) Rilis Green Bond Rp 5 Triliun, Ini Penjelasan Dirut

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:11 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau BRI akan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan (green bond) BRI Tahap I Tahun 2022 dengan pokok obligasi sebanyak-banyaknya Rp 5 triliun. Green bond tersebut akan digunakan untuk pembiayaan berkelanjutan, utamanya ke segmen mikro.

Rencana tersebut merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi lingkungan berkelanjutan dengan target dana yang akan dihimpun sebesar Rp 15 triliun. Green bond tersebut akan ditawarkan dalam tiga seri dengan tenor 370 hari, 3 tahun, dan 5 tahun sejak tanggal emisi.

Bond ini untuk domestik market. Tujuan penggunaannya 70% untuk mengganti bond yang jatuh tempo, sisanya 30% untuk memperkuat penyaluran kredit mikro,” jelas Direktur Utama BRI Sunarso kepada Investor Daily, Rabu (22/6).

Baca juga: Laba BUMN Tembus Rp 126 Triliun, BRI (BBRI) Jadi Penyumbang Terbesar

Obligasi tersebut berdenominasi rupiah yang diyakini akan terserap sesuai target dana senilai Rp 5 triliun. Meski begitu, Sunarso belum menyebut kisaran kupon yang ditawarkan dari ketiga seri obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan tersebut. “Saya optimistis ini bisa diterima pasar domestik,” ujar Sunarso.

Berdasarkan prospektus yang dirilis di Investor Daily, bunga obligasi berwawasan lingkungan tersebut rencananya dibayarkan setiap triwulan atau tiga bulan sejak tanggal emisi, di mana bunga obligasi berwawasan lingkungan pertama akan dibayarkan pada tanggal 20 Oktober 2022.

Adapun bunga obligasi berwawasan lingkungan terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi berwawasan lingkungan akan dibayarkan pada tanggal 30 Juli 2023 untuk obligasi berwawasan lingkungan Seri A, tanggal 20 Juli 2025 untuk obligasi berwawasan lingkungan Seri B dan tanggal 20 Juli 2027 untuk obligasi berwawasan lingkungan Seri C. Pelunasan Obligasi Berwawasan Lingkungan dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo.

Bunga obligasi berwawasan lingkungan ini dibayarkan oleh BRI kepada pemegang obligasi berwawasan lingkungan melalui Agen Pembayaran pada tanggal pembayaran bunga obligasi berwawasan lingkungan untuk masing-masing seri obligasi berwawasan lingkungan. BRI menyampaikan seluruh dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum obligasi berwawasan lingkungan ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan perseroan untuk pembiayaan maupun membiayai kembali kegiatan dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) dan untuk modal kerja.

Baca juga: Kisah Sukses Transfomasi Digital BBRI Lewat BRIvolution

KUBL yang dimaksud antara lain adalah kegiatan usaha dan/atau kegiatan lain yang pertujuan untuk melindungi, memperbaiki, dan/atau meningkatkan kualitas atau fungsi lingkungan. Dalam kaitan tersebut, perseroan telah menyusun Kerangka Kerja Obligasi Berwawasan Lingkungan (Obligasi Berwawasan Lingkungan Framework) yang di dalamnya terdapat pengaturan mengenai mekanisme penggunaan dana, evaluasi dan seleksi proyek, pengelolaan dana serta mekanisme pelaporan yang diperoleh dari penawaran umum obligasi berwawasan lingkungan.

Dalam rangka PUB, perseroan telah memperoleh hasil pemeringakatan atas obligasi berwawasan lingkungan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) yakni idAAA. Penjammin pelaksana emisi obligasi berwawasan lingkungan antara lain PT Bahana Sekuritas (terafiliasi), PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas (terafiliasi), PT BRI Danareksa Sekuritas (terafiliasi), PT IndoPremier Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas (terafiliasi), penjamin efek akan ditentukan kemudian, wali amanat adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN