Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). (Perseroan)

PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). (Perseroan)

Merdeka Gold (MDKA) Terbitkan Obligasi Rp 4 Triliun

Selasa, 15 November 2022 | 23:42 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2022 senilai Rp 4 triliun. Aksi korporasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp 15 triliun.

Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan Selasa (15/11/2022), obligasi yang ditawarkan MDKA terdiri dari seri A, B, dan C. Pada seri A, surat utang tersebut memiliki jangka waktu selama 367 hari, kemudian seri B selama tiga tahun, dan seri C berjangka waktu lima tahun terhitung sejak tanggal emisi.

Baca juga: Laba Sesuai Ekspektasi, Begini Pandangan Analis terhadap Prospek Merdeka Copper (MDKA)

"Bunga obligasi dibayarkan setiap kuartal, di mana bunga obligasi pertama akan dibayarkan pada 13 Maret 2023. Sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus pelunasan obligasi seri A dibayarkan pada 20 Desember 2023, kemudian seri B dibayarkan pada 13 Desember 2025 dan seri C dibayarkan pada 13 Desember 2027. Pelunasan masing-masing seri obligasi akan dilakukan secara penuh pada saat jatuh tempo," tulis manajemen MDKA, Selasa (15/11/2022).

Manajemen MDKA mengungkapkan, sebanyak 23% dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk melunasi obligasi berkelanjutan III tahap I seri A sebesar Rp 959 miliar yang akan jatuh tempo pada 15 Maret 2023. Selanjutnya, sebanyak 47% dana hasil obligasi akan dikucurkan kepada anak usaha perseroan, PT Bumi Suksesindo (BSI) untuk melunasi utang akibat Perjanjian Fasilitas Kredit Bergulir pada 10 Juni 2021, sebagaimana diubah dengan Perjanjian Perubahan dan Pernyataan Kembali pada 14 Oktober 2022 jo.

Baca juga: Tok! Provident Capital Jadi Satu-satunya Pengendali PALM

Lalu, Perjanjian Penundukan Diri Peningkatan Akordion pada 24 September 2021, Perjanjian Induk 2002 International Swaps and Derivatives Association pada 10 Juni 2021 jo dan perjanjian-perjanjian lainnya. Adapun selebihnya, dana yang terhimpun akan dimanfaatkan perseroan untuk kegiatan eksplorasi dan modal kerja.

Selain refinancing utang BSI, perseroan juga akan menyuntikkan sekitar 16% dana PUB kepada PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) selaku anak usaha untuk menunjang kegiatan eksplorasi yang sebagian besar berupa pengeboran dan pengujian sampel, dan kegiatan konstruksi infrastruktur tahap awal seperti pembangunan fasilitas perumahan, gudang sampel batuan dan jalan di area tambang sebagai upaya mengembangkan Proyek Emas Pani.

Baca juga: Baru Sampai Oktober, Antam (ANTM) Telah Penuhi Target Penjualan Emas Tahun Ini 28,5 Ton

Selanjutnya, sekitar 5% bakal digunakan PT Mentari Alam Persada (MAP) untuk menunjang kegiatan pembangunan infrastruktur bypass road dan persiapannya yang akan menghubungkan jalan trans Sulawesi dengan Proyek Emas Pani.

"Sisanya, sekitar 6% akan digunakan PT Batutua Tembaga Raya (BTR) untuk menunjang kebutuhan modal kerja guna mendukung kegiatan usaha BTR dan sekitar 3% akan digunakan PT Batutua Kharisma Permai (BKP) untuk menunjang kebutuhan modal," imbuh Manajemen MDKA.

Baca juga: Pabrik Emas Kedua Mulai Operasi, Produksi Bumi Minerals (BRMS) Makin Tokcer

Rencananya, perseroan akan melangsungkan penawaran umum obligasi ini pada 7-8 Desember 2022, penjatahan dilaksanakan pada 9 Desember 2022, pengembalian uang pemesanan dan distribusi obligasi secara elektronik pada 13 Desember 2022, dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 14 Desember 2022.

Dalam aksi korporasi ini, MDKA menunjuk PT Indo Premier Sekuritas, PT Sucor Sekuritas, PT UOB Kay Hian Sekuritas, dan PT Aldiracita Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi dan penjamin emisi obligasi. Sedangkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dipercaya sebagai wali amanat, dan penjamin emisi obligasi akan ditentukan kemudian.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com