Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Adhi Commuter Properti (ACP). Foto: Perseroan.

PT Adhi Commuter Properti (ACP). Foto: Perseroan.

Adhi Commuter Properti Rilis Obligasi Rp 500 Miliar

Kamis, 15 April 2021 | 22:50 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id – PT Adhi Commuter Properti (ACP), anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI), merilis obligasi sebesar Rp 500 miliar. Penggalangan dana ini bertujuan untuk mendukung rencana ACP dalam ekspansi bisnis properti berbasis transit oriented development (TOD) atau hunian yang terintegasi dengan transportasi umum.

Direktur Utama Adhi Commuter Properti Rizkan Firman menjelaskan, setelah dikurangi biaya emisi, sebagian besar dana akan digunakan untuk penyempurnaan akuisisi lahan dan pendanaan sejumlah proyek. “Saat ini ada empat area yang akan kami sempurnakan, yakni proyek Adhi City Bogor, kedua di Bekasi, ketiga di Tangerang dan Cibubur Depok,” jelasnya saat public expose penawaran umum obligasi Adhi Commuter Properti tahun 2021, Kamis (15/4).

Kendati demikian, pada saat ditanyakan mengenai rincian lahan yang diincar, ACP masih enggan memberikan rincian. Namun yang pasti, kata Rizkan, perusahaan akan mengincar landbank yang sesuai dengan visi misi perusahaan dalam mengembangkan properti berbasis transportasi massal baik Commuter Line, Transjakarta, Kereta Api Indonesia (KAI) dan Lintas Rel Terpadu (LRT). “Sampai saat ini perseroan masih fokus melihat pasar yang cukup besar di area Jakarta Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), dan optimistis dapat mengejar target yang telah kami tetapkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini ACP telah menguasai 140 hektare lahan, di dalamnya termasuk 7 titik stasiun, 13 proyek dan total unit mencapai 54.076 unit. Pihaknya menjelaskan, dari titik stasiun LRT Jabodebek tahap satu dari Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang dan Cawang Dukuh Atas, ACP memiliki peluang okupansi lahan dengan luas 5 ha, okupansi lahan ini menjadi fokus ACP kedepan agar dapat berkembang dan tetap bertumbuh.

Adapun dalam aksi korporasi ini, ACP menawarkan obligasi sebanyak Rp 500 miliar yang terbagi dalam 2 seri, yakni Seri A dengan kupon sebanyak 9,5%-10,5% dan tenor 1 tahun serta seri B memiliki kupon 10,5%-11% dengan tenor 3 tahun. Obligasi ini juga telah memperoleh rating BBB  untuk obligasi yang diberikan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

ACP mempercayakan PT Sucor Sekuritas selaku Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi. Masa bookbuilding pada tanggal 15-26 April 2021, penawaran umum 11 dan 17 mei 2021, 18 Mei 2021 penjatahan dan pencatatan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 21 Mei 2021.

Di sisi lain, ACP memproyeksikan, pasar properti akan kembali normal mulai tahun ini sejalan dengan meredanya Covid-19. Perseroan mencanangkan bisnis untuk lima tahun ke depan dengan pertumbuhan yang signifikan untuk segmen usaha high rise, landed housing, dan commercial area.

ACP memperkirakan dalam lima tahun kedepan akan melakukan serah terima pada hampir seluruh Tower 1 dan Tower 2 dari proyek-proyek yang berjalan di tahun 2020-2021. Manajemen optimistis akan meraih pertumbuhan marketing sales dalam lima tahun ke depan akan melaju tumbuh sebesar 59,4%

Sementara itu, hingga September 2020, ACP berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 699 miliar dengan EBITDA Rp 103 miliar dan laba bersih Rp 88,2 miliar, Aset sebesar Rp 4,7 triliun dan ekuitas sebesar Rp 2 triliun. Pada periode yang sama, ACP telah melakukan serah terima di 4 kawasan, yaitu LRT City Bekasi-Eastern Green, Jatibening, Sentul dan MTH.

“Untuk realisasi hingga kuartal pertama 2021, kami telah membukukan marketing sales sebanyak 25% dari target yang ditetapkan yakni Rp 1,6 triliun. Jumlah ini naik hampir 400% apabila dibandingkan dengan tahun lalu,” kata dia. Setelah penyelesaian obligasi ini, ACP berkomitmen untuk mempercepat langkah untuk melantai di BEI pada kuartal empat tahun ini.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN