Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 PT J Resources Asia Pasifik Tbk. Foto: Perseroan.

PT J Resources Asia Pasifik Tbk. Foto: Perseroan.

J Resources Lunasi MTN Anak Usaha Rp 300 Miliar

Selasa, 16 Februari 2021 | 15:47 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) melalui anak usahanya, PT J Resources Nusantara (JRN), telah melunasi surat utang jankan menengah (Medium Term Notes/MTN) IV Tahap I sebesar Rp 300 miliar hari ini.

Corporate Secretary J Resources Asia Pasifik Edi Permadi dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/2), menyampaikan bahwa dengan pelunasan MTN secara tepat waktu tersebut, J Resources berharap kepercayaan para pemegang saham, pemegang kepentingan, dan investor terhadap perseroan terus terjaga.

Sebagai informasi, pada tanggal 15 Februari 2018, JRN dibantu oleh PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk yang bertindak sebagai arranger, menerbitkan MTN tersebut dengan jangka waktu tiga tahun dengan bunga sebesar 10,25%. MTN diterbitkan pada 15 Februari 2018 dan jatuh tempo surat utang tersebut pada 15 Februari 2021.

Adapun dana pelunasan MTN oleh JRN ini diberikan oleh J Resources Asia Pasifik setelah emiten pertambangan emas tersebut menerbitkan obligasi berkelanjutan I Tahap VII Tahun 2021 dengan jumlah pokok Rp 257,26 miliar. J Resources semula menargetkan jumlah pokok obligasi itu sebanyak-banyaknya Rp 384,09 miliar dengan rencana penerbitan melalui dua seri.

Obligasi tersebut bertenor 370 hari kalender sejak tanggal emisi dengaan tingkat kupon 9,25% dan akan dibayarkan setiap triwulan, dengan pembayaran pertama pada 26 April 2021. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi perseroan adalah Trimegah Sekuritas dan wali amanat adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Obligasi itu memiliki peringkat single A dari Pefindo.

Manajemen J Resources Asia Pasifik menjelaskan bahwa perseroan akan menggunakan dana dari hasil penawaran itu setelah dikurangi biaya emisi untuk disalurkan dalam bentuk pinjaman kepada anak usaha perseroan, J Resources Nasional.

“Diberikan kepada JRN, untuk pelunasan Medium Term Notes (MTN) IV Tahap I yang diterbitkan sebesar Rp 300 miliar, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja dan atau keperluan umum JRN,” tulis manajemen J Resources Asia Pasifik.

Di sisi lain, obligasi ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik dengan target dana yang akan dihimpun sebesar Rp 3 triliun. Dengan penerbitan kali ini, maka PSAB telah menerbitkan PUB tersebut 7 tahap dengan total dana yang ditawarkan sekitar Rp 2,87 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN