Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank Bukopin

Bank Bukopin

KB Kookmin Jadi Pengendali, Pefindo Naikkan Peringkat Bank Bukopin

Jumat, 11 September 2020 | 13:50 WIB
Muhammad Ghafur Fadila

JAKARTA -  PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) baru-baru ini meningkatkan peringkat Obligasi Subordinasi Berkelanjutan Tahap II yang dimiliki oleh PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menjadi A+ dari sebelumnya yakni BBB. Adapun perseroan juga meraih peningkatan peringkat menjadi AA dari sebelumnya A-.

Manajemen Pefindo menjelaskan peningkatan peringkat tersebut seiring dengan konklusi Kookmin Bank Co., Ltd (KB Kookmin Bank) yang menjadi pemegang saham pengendali dari Bukopin dengan kepemilikan saham mencapai 67% melalui aksi private placement yang digelar pada 2 September lalu.

Pihaknya menilai dengan adanya kepemilikan saham yang besar dan berstatus sebagai pengendali akan membuat KB Kookmin Bank dapat memberikan support yang signifikan kepada perseroan.

“Hal ini juga didukung oleh kemampuan finansial Bank Bukopin untuk mengatasi tekanan finansial terutama dalam hal likuiditas dan permodalan. Sejalan dengan beberapa rencana penyesuaian operasi seperti dalam aspek infrastruktur IT dan praktek Underwriting, untuk mengintegrasikan bisnis Bukopin dengan KB Kookmin Bank secara lebih baik,” jelas Pefindo dalam keterangan resmi, Jumat (11/9).

Pefindo juga mengembalikan peringkat perseroan menjadi Stabil dari Credit Watch dengan implikasi berkembang. Kemudian peringkat ini dapat kembali meningkat apabila proses integrasi atau proses inkorporasi trademark dapat berjalan sesuai rencana. Kendati demikian peringkat dapat berada dalam tekanan koreksi jikalau tingkat dukungan atau kepemilikan KB Kookmin Bank menurun  signifikan pada perseroan.

Lebih lanjut Pefindo menjelaskan dalam bisnisnya emiten berkode saham BBKP ini memiliki beberapa resiko seperti kredit yang bermasalah, terutama di tengah masa pandemi yang menyebabkan pelemahan pada semua sektor industri dan menurunkan kemampuan debitur dalam melakukan pembayaran kewajiban dan memperburuk indikator profitabilitas dan likuiditas bank. 

“Saat ini, kami menilai COVID-19 memberikan dampak moderat terhadap profil kredit Bukopin secara keseluruhan. Kedepannya kami  akan memantau secara ketat dampak terhadap kinerja dan profil kredit Bukopin secara menyeluruh,” paparnya.(fur)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN