Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Medco

Medco

Pefindo Pertahankan Peringkat idA+ Obligasi Berkelanjutan II Medco

Ghafur Fadillah, Senin, 5 Agustus 2019 | 16:05 WIB

JAKARTA,investor.id – PT Pemeringkatan Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat “idA+” untuk obligasi berkelanjutan II tahap II tahun 2016 seri A PT Medco Energi International Tbk (MEDC) senilai Rp 549 miliar. Obligasi tersebut akan jatuh tempo pada 30 september 2019.

 

Berdasarkan keterangan resmi Pefindo disebutkan bahwa Medco akan melunasi obligasi yang jatuh tempo menggunakan dana dari hasil penerbitan obligasi global sebesarUS$ 500 juta pada Januari 2018 lalu. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu tujuan penggunaannya adalah untuk melunasi obligasi tersebut.

“Pada tanggal 31 Maret 2019, hasil obligasi global yang belum digunakan ditempatkan pada deposito dan rekening bank yang dibatasi penggunaannya pada Bank Standard Chartered sebesar US$159,9 juta, sementara MEDC juga memiliki kas dan setara kas sebesar US$322,5 juta,” tulis Pefindo dalam rilisnya di Jakarta, Senin (5/8).

Efek utang dengan peringkat idA menggambarkan kemampuan obligor yang kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi. Sedangkan tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.

Sebelumnya, Medco Energi dalam proses melepas kepemilikan aset pada dua blok minyak dan gas di luar negeri. Aset yang akan dilepas tersebut adalah Blok 5 di Meksiko dengan kepemilikan 23%, serta delapan blok di Tunisia dengan kepemilikan bervariatif.

Hal tersebut terungkap dalam laporan keuangan semester I-2019 perseroan. Pada 23 April 2019, Medco Energi Global Pte Ltd menandatangani share purchase and sale agreement (SSPA) untuk menjual 100% sahamnya pada Medco Tunisia Petroleum Ltd. “Sampai dengan tanggal laporan keuangan konsolidasian, transaksi penjualan ini masih dalam proses penyelesaian,” tulis manajemen Medco.

Medco Tunisia Petroleum menguasai hak kepemilikan blok di delapan wilayah kerja. Lima blok berada di wilayah darat (onshore) yang terletak di cekungan Ghadames yakni, Blok Bir Ben Tartar dengan kepemilikan 100%, Blok Adam (5%), Blok Sud Remada 100%, Jenein (65%), dan Borj El Khadra (10%).

Sementara itu, tiga blok lainnya di Tunisia berada di area lepas pantai (offshore) di Cekungan Pelagian, yakni Blok Cosmos (80%), Blok Hammamet (54%), dan Blok Yasmin (100%). Blok-blok di Tunisia tersebut resmi dikuasai Medco pada 18 Agustus 2014. Ketika itu, perseroan membeli 100% saham Storm Ventures International (Barbados) Ltd, anak usaha Chinook Energy Inc, senilai US$ 114 juta.

Dalam perjalanannya, manajemen Medco memutuskan untuk menghentikan operasi perusahaan di Tunisia pada Oktober 2018. Sejak Desember 2018, manajemen telah berkomunikasi secara intens dengan pembeli potensial untuk menegosiasikan perjanjian penjualan dan secara bersamaan melakukan due diligence atas aset tersebut.

.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA