Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Manajemen PP menggelar konferensi pers terkait penerbitan obligasi berkelanjutan tahap I Rp 1,5 triliun dan sukuk I sebesar Rp 500 miliar. Sebagian besar dana dimanfaatkan untuk refinancing utang.

Manajemen PP menggelar konferensi pers terkait penerbitan obligasi berkelanjutan tahap I Rp 1,5 triliun dan sukuk I sebesar Rp 500 miliar. Sebagian besar dana dimanfaatkan untuk refinancing utang.

KUPON 8,25-9,75%

PTPP Tawarkan Obligasi dan Sukuk Total Rp 2 Triliun

Rabu, 9 Juni 2021 | 19:26 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah

JAKARTA, Investor.id - PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) menggelar penawaran umum obligasi berkelanjutan (PUB) III PTPP Tahap 1 Tahun 2021 senilai Rp 1,5 triliun dan Sukuk Mudharabah I mencapai Rp 500 miliar. Dana hasil penerbitan surat utang tersebut akan digunakan perseroan pembiayaan kembali (refinancing) utang.

Obligasi tersebut diterbitkan dalam dua seri, yakni seri A bertenor tiga tahun dengan indicative coupon 8,25%-9,25% dan seri B bertenor lima tahun dengan indicative coupon 8,75%-9,75%. Untuk diketahui, obligasi ini menjadi bagian dalam Obligasi Berkelanjutan III dengan target dana yang dihimpun yakni sebesar Rp 3 triliun. Obligasi ini telah mendapatkan peringkat atau rating A dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, bookbuilding obligasi ini digelar mulai dari 09 Juni hingga 16 Juni 2021. Sedangkan masa penawaran umum rencananya dilaksanakan pada 29 Juni 2021 dan penjatahan pada 30 Juni 2021. “Sedangkan pencatatan surat utang di Bursa Efek Indonesia ditargetkan pada 05 Juli 2021,” jelasnya dalam konferensi pers, di Jakata, Rabu (9/6)

Sesuai rencana, menurut dia, seluruh dana yang dihimpun dari penerbitan obligasi ini akan dialokasikan sebesar 69% untuk refinancing utang dan sisanya mencapai 31% untuk modal kerja. Sedangkan, penawaran sisa PUB Obligasi Berkelanjutan III sebesar Rp 1,5 triliun akan dilanjutkan dalam tahap berikutnya.

“Perseroan mempunyai kewajiban untuk membayar utang jatuh tempo pada Juli sebanyak Rp 1,04 triliun. Hal ini menjadi alasan kami menerbitkan obligasi di tengah pandemi,” ujar Direktur Keuangan PTPP Agus Purbianto.

Agus menambahkan, dengan obligasi tersebut perseroan dapat memperbaiki struktur dan menjaga rasio keuangan sehingga perseroan masih mempunyai ruang gerak yang besar pada finansial untuk menjalankan proses bisnisnya.

Hingga akhir kuartal-I 2021, jumlah liabilitas perseroan mencapai 39,67 triliun. Nilai ini terdiri atas liabilitas jangka pendek sebesar Rp 28,02 triliun dan jangka panjang Rp 11,65 triliun.

Selain emisi obligasi, PP melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan Sukuk Mudharabah I dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp 1 triliun. Sedangkan penerbitan tahap I senilai Rp 500 miliar. Sukuk ini juga telah mendapatkan peringkat A syariah dari Pefindo.

Perseroan menyebutkan dana hasil penerbitan Sukuk ini akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja perusahaan. Sisa PUB sukuk berkelanjutan I sebesar Rp 500 miliar akan ditawarkan oleh perseroan dalam tahap kedua.

Emiten plat merah ini telah empat perusahaan sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi atau joint lead underwriter, yakni PT Mandiri Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Samuel Sekuritas. Sedangkan untuk profesi penunjang lainnya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) ditunjuk sebagai Wali Amanat.

Sementara itu, EVP Investment Banking PT Mandiri Sekuritas Shery Juwita Lestari mengatakan, besaran kupon yang diberikan mengacu dan sesuai dengan penetapan bunga obligasi pemerintah. Sehingga tingkat bunga ini menarik untuk para investor.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN