Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM). Foto: Perseroan.

PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM). Foto: Perseroan.

Surat Utang Tridomain Materials Raih Peringkat A-

Nabil Alfaruq, Kamis, 13 Februari 2020 | 14:56 WIB

JAKARTA, investor.id — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat A- untuk surat utang jangka menengah (medium terms notes/MTN) PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM). Outlook untuk peringkat perseroan adalah stabil.

Pefndo dalam keterangan resminya mengatakan, surat utang jangka menengah yang diberikan rating A-, yakni MTN I tahun 2017, MTN II tahun 2018, MTN III tahun 2018. Selain itu, peringkat tersebut juga diberikan untuk Obligasi I tahun 2018 dan Obligasi II tahun 2019.

“Peringkat tersebut mencerminkan posisi Tridomain Performance Materials yang kuat di setiap segmen pasarnya, operasi yang terintegrasi, dan marjin profitabilitas yang stabil. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh kebutuhan modal kerja yang tinggi, struktur permodalan yang moderat, dan paparan terhadap volatilitas harga komoditas dan pertumbuhan ekonomi,” ujar Pefindo di Jakarta, baru-baru ini.

Meskipun demikian, peringkat tersebut dapat ditingkatkan apabila Tridomain Performance Materials menunjukan perbaikan yang berkelanjutan dalam hal struktur permodalan dan perlindungan arus kas, yang diindikasikan dengan rasio utang terhadap EBITDA dibawah 2,5 kali, yang diseimbangi dengan rasio utang terhadap ekuitas dibawah 1 kali dan rasio dana dari operasi terhadap utang diatas 25%.

Pefindo menegaskan, hal tersebut dapat terjadi apabila pendapatan dan marjin profitabilitas perseroan secara material membaik tanpa diikuti kenaikan utang secara signifikan.

“Peringkat dapat diturunkan apabila arus kas perseroan melemah sebagai akibat dari kinerja bisnis yang lebih rendah dari ekspektasi, memanjangnya siklus kas operasi dari yang telah diantisipasi berdampak pada meningkatnya kebutuhan modal kerja menggunakan dana dari pinjaman, dan jika perseroan berutang lebih besar dibandingkan proyeksi awal tanpa diimbangi perbaikan profil bisnis,” ujar dia.

Selain itu, peringkat juga dapat diturunkan apabila Tridomain Performance Materials gagal memitigasi risiko pembiayaan kembali untuk utang yang akan jatuh tempo pada tahun 2021 dan 2022.

Ekspansi Bisnis

Sebelumnya, Tridomain Performance Materials berencana melakukan ekspansi bisnis dengan membangun pabrik (plant) baru untuk meningkatkan kapasitas produksi. Nilai investasi aksi korproasi tersebut mencapai Rp 1 triliun.

“Dengan adanya pabrik baru tersebut, diperkirakan kapasitas produksi kami akan meningkat dua kali lipat, yang sebelumnya jumlah total produksi dari semua jenis sekitar 198.000 MT,” ujar Chief Operating Officer Tridomain Materials Hendro Waskito.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA