Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi program Online Xperience di Traveloka. (IST)

Ilustrasi program Online Xperience di Traveloka. (IST)

Traveloka Raih Dana Segar US$ 250 Juta

Selasa, 28 Juli 2020 | 19:36 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id –  Perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring, Traveloka, meraih putaran pendanaan terbaru senilai US$ 250 juta yang dipimpin sebuah institusi keuangan global. Start-up berstatus unicorn ini juga mendapat dukungan dari investor sebelumnya, yakni EV Growth, dalam pendanaan tersebut.

Co-founder dan CEO Traveloka Ferry Unardi mengatakan, pihaknya tidak dapat memungkiri, apabila Traveloka sangat terpengaruh dengan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan bisnis persroan berada di titik terendah yang belum pernah terjadi sejak perusahaan pertama kali berdiri.

“Namun, kami selalu percaya bahwa Traveloka akan bangkit kembali dengan adanya penyesuaian strategi bisnis secara cepat, bekerja sama dengan para mitra industri dan para pemangku kepentingan lainnya, serta terus menghadirkan produk-produk inovatif bagi para pengguna yang merupakan fokus utama kami,” jelas dia dalam keterangan resmi, Selasa (28/7).

Traveloka tidak mengungkap secara rinci para pihak pemberi dana bagi perseroan. Namun, investor-investor sebelumnya seperti EV Growth berpartisipasi dalam pendanaan tersebut. Dana segar ini diharapkan dapat memperkuat neraca keuangan Traveloka dan memperdalam penawaran Traveloka untuk sejumlah lini produk yang diprioritaskan.

Produk yang diprioritas tersebut mencakup pengembangan portofolio layanan produk perjalanan dan gaya hidup di pasar-pasar utama. Tak luput, Traveloka turut melakukan perluasan bisnis di layanan keuangan untuk memberikan dukungan yang lebih baik bagi ekosistem aplikasi perjalanan dan gaya hidup.

Manajemen Traveloka menerapkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk optimalisasi bisnis. Starteginya melalui penghematan serta kembali berfokus menyiapkan strategi dalam menyambut era normal baru.

Di Indonesia dan Vietnam, Traveloka menilai sektor perjalanan domestik ataupun aktivitas hiburan jarak dekat telah mulai bangkit. Hal ini seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat akan pandemi Covid-19 dan penyesuaian gaya hidup dengan situasi saat ini.

Menurut Ferry, pihaknya melihat ada pemulihan secara bertahap di seluruh pasar utama perseroan. Bisnis Traveloka di Vietnam mulai stabil dan mendekati periode sebelum Covid-19. Sementara bisnis perusahaan di Thailand kini hampir melampaui 50%, dibandingkan situasi normal.

Meskipun Indonesia dan Malaysia masih berada di tahap awal pemulihan, lanjut dia, kedua pasar ini terus memperlihatkan momentum yang menjanjikan dengan kemajuan dari minggu ke minggu, terutama untuk lini bisnis akomodasi dengan kemunculan tren berlibur jarak dekat.

“Kami sangat paham bahwa sektor ini mungkin akan mengalami turbulensi lebih lanjut dengan adanya gelombang Covid-19 berikutnya, namun kami siap untuk menghadapi tantangan ini dan berdiri tegap setelah pandemi ini berlalu,” tambah Ferry.

Sementara itu, Managing Partner EV Growth Willson Cuaca mengatakan, krisis yang akibat Covid-19 merupakan yang terbesar untuk generasi saat ini, baik dari sisi keuangan maupun kemanusiaan. Situasi ini merupakan bentuk dari penyesuaian ulang yang memaksa para pelaku bisnis untuk memikirkan kembali rencana, strategi dan model bisnis mereka.

Industri perjalanan, lanjut dia, juga mengalami masa sulit yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk Traveloka. Tim manajemen telah melakukan berbagai upaya sulit namun harus dilakukan, termasuk restrukturisasi dan optimalisasi, untuk meminimalisir risiko keuangan yang timbul. “Kami yakin bahwa Traveloka akan kembali bangkit dengan lebih kuat setelah melewati krisis ini,” jelas dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN