Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bibit Pohon Ramin jadi harapan bagi langkah konservasi

Bibit Pohon Ramin jadi harapan bagi langkah konservasi

Wilmar Kembangkan Panduan Mengelola Konservasi

Jumat, 5 November 2021 | 09:51 WIB
Ridho Sukra

JAKARTA, investor.id - Wilmar International Limited (Wilmar) mengembangkan panduan  komprehensif bagi para pemasok dalam mengelola kawasan konservasi. Panduan  berjudul “Panduan Praktik Pengelolaan Terbaik bagi Pekebun dalam Konservasi Hutan dan Bekerjasama dengan Masyarakat”  ini difokuskan pada tata kelola di Indonesia dan Malaysia.

Panduan yang telah disusun bersama oleh Wilmar dan Proforest ini bertujuan untuk mengelola perkebunan. Panduan ini juga berfungsi untuk melengkapi praktis operasional bagi dokumen panduan industri yang sudah ada tentang hutan bernilai konservasi tinggi dan stok karbon tinggi.

Wilmar juga telah mengembangkan dokumen yang berjudul “Panduan Praktis Pemantuan Areal Konservasi”.  Dokumen ini memberikan petunjuk lebih rinci dan langkah langkah praktis bagi para praktisi dan tim operasional perkebunan berdasarkan pengalaman dan praktik yang telah ditetapkan oleh tim Wilmar.

General Manager Sustainability Grup Wilmar, Perpetua George menjelaskan, panduan ini dibuat berdasarkan pengalaman praktis Wilmar dalam menerapkan standard praktek pengelolaan terbaik. Praktik tersebut dikembangkan di kawasan konservasi  dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk upaya konservasi.

“Kami menyadari bahwa tidak semua perusahaan mempunyai kemewahan berupa staf yang ditugaskan untuk konservasi untuk itu, panduan ini ditulis dengan mudah untuk dipahami dan diterapkan,” ujar dia kepada Investor Daily,di Jakarta, Jumat (5/11).

Ia menambahkan kedua panduan manual dan praktis tersebut akan tersedia untuk umum dan diharapkan dapat menjadi bagian integral dari panduan praktis bagi kalangan yang lebih luas di sektor perkebunan. Tim Wilmar mempunyai banyak pengalaman dalam mengelola dan memantau aktifitas konservasi di perkebunan termasuk mengelola berbagai situasi rumit yang dihadapi di lapangan.

Proforest berkolaborasi dengan Wilmar dalam mendokumentasikan praktik terbaik sehingga perusahaan lain yang memulai proses keberlanjutan dapat belajar dari pengalaman Wilmar, bersamaan dengan peluncuran panduan tersebut, Wilmar juga mengadakan sesi pelatihan virtual selama dua hari dengan topik “ Lokarya Pemasok Dalam Penerapan Kebijakan NDPE Wilmar”bagi para pemasok di Indonesia. Lokarya tersebut dihadiri 141 peserta dari 79 pabrik pengolahan sawit dan 61 grup perusahaan. (dho)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN