Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi emisi karbon dioksida (CO2). ( Foto: Getty/Edin )

Ilustrasi emisi karbon dioksida (CO2). ( Foto: Getty/Edin )

Astra Dukung Energi Bersih Lewat Program Astra Green Energy

Senin, 8 November 2021 | 08:18 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id-PT Astra International Tbk (ASII) menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan energi bersih yang diwujudkan dalam program Astra Green Energy (AGEn). Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengungkapkan, kontribusi Grup Astra melalui AGEn diharapkan dapat mendukung pengurangan efek perubahan iklim.

“Semoga seluruh upaya pengelolaan energi melalui program AGEn dapat memberikan manfaat dalam mendukung penanggulangan dampak perubahan iklim di Indonesia lewat pengurangan emisi GRK sebesar 495.000 ton CO2 ekuivalen, penghematan energi sebesar 5.622 terajoule, dan penurunan biaya operasional hingga Rp 1,5 triliun sejak 2015 hingga 2021,” tutur Riza dalam pernyataan resminya baru-baru ini.

Menanggapi hal ini, Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan pentingnya peran sektor swasta dalam mendorong transisi energi menuju energi yang lebih bersih di Indonesia. Dalam hal ini, Astra sebagai salah satu perusahaan swasta bisa berpartisipasi dalam hal tersebut.

"Astra menguasai lini bisnis pada sisi pasokan dan pemanfaatan energi sehingga memiliki peran penting untuk bersinergi mendukung program dan kebijakan pemerintah Indonesia dalam membangun energi hijau dengan ikut terlibat secara langsung memberikan sumbangsih dalam kegiatan pengembangan EBT dan konservasi energi serta penerapan teknologi efisiensi energi di perusahaan,” ujar Arifin.

Sejak 2015, Astra terus mengimplementasikan program penghematan energi dan percepatan penggunaan sumber energi baru terbarukan (EBT) serta penerapan teknologi hemat energi melalui program AGEn. Melalui program ini, Astra menjadikan Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai salah satu acuan, khususnya tujuan ketiga belas tentang penanganan perubahan iklim.

Hal tersebut dilakukan pada kegiatan mitigasi dampak perubahan iklim yang dilakukan oleh perusahaan Grup Astra. Fokus kegiatan itu adalah upaya penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) untuk mendukung tercapainya peta jalan energi sesuai rencana umum energi nasional dan penurunan emisi GRK sesuai Nationally Determined Contribution Indonesia.

Melalui program AGEn yang dilaksanakan di 49 perusahaan dan lebih dari 101 instalasi, Astra terus mengupayakan implementasi program penghematan energi dan penggunaan sumber EBT yang turut berkontribusi terhadap penurunan emisi GRK. Pada 2020, Astra telah memenuhi komitmen untuk menurunkan intensitas konsumsi energi dan emisi GRK sebesar 2,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Astra ingin menekankan pentingnya pengelolaan energi sebagai salah satu strategi utama dalam mewujudkan tercapainya SDGs di bidang lingkungan hidup. Kontribusi Astra dalam mengurangi dampak perubahan iklim sejalan dengan SDGs dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa," jelas Riza.

Editor : Trimurti (trimurti@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN