Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas mengelola limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) infeksius. ( Foto: Istimewa )

Petugas mengelola limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) infeksius. ( Foto: Istimewa )

Jasa Medivest Raih Proper Biru untuk Kelima Kalinya

Jumat, 31 Desember 2021 | 21:00 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

BANDUNG, investor.id – PT Jasa Medivest untuk kelima kalinya meraih Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dengan “Peringkat Biru” dalam sub sektor Pengolahan dan Pengangkut Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Di sampaikan dalam keterangan tertulis, Jumat (31/12), selama 15 tahun berkiprah sebagai perusahaan pengelola limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Infeksius yang ramah lingkungan di Indonesia, “Proper Biru” merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat atas komitmen ketaatan lingkungan PT Jasa Medivest ke-5 kalinya, yakni pada 2011-2012, 2012-2013, 2013-2014, 2014-2015 dan saat ini 2020-2021.

Hal tersebut sesuai dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.1307/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2021 tentang hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup Tahun 2020-2021.

Kegiatan PROPER 2021 sendiri merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK RI, di mana tema yang diusung tahun ini adalah “Proper: Inovasi Sosial untuk Indonesia Maju”.

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden RI  Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran KLHK yang konsisten menyelenggarakan Proper setiap tahunnya. “Platform dunia usaha untuk praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau,” demikian sambutan Ma’ruf Amin di Gedung II Istana Wakil Presiden RI, Jakarta.

Wapres juga berharap supaya seluruh perusahaan tidak hanya mengutamakan pencapaian profit, melainkan turut menerapkan kriteria pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar menuturkan bahwa berlandaskan data evaluasi KLHK RI yang dilakukan terhadap 2.538 perusahaan maka tingkat ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan hidup mencapai 75%. Sebanyak 645 perusahaan berkategori PROPER Merah, 1.670 perusahaan berkategori PROPER Biru, 186 perusahaan berkategori PROPER Hijau dan 47 perusahaan berkategori PROPER Emas.

“Teknik, metode, orientasi dan segala upaya terus di-eksplorasi oleh Dewan Pertimbangan PROPER dengan scientific based dan evidence based untuk kinerja lingkungan, jadi secara teoritik dan empiric,” kata dia.

Menyusul PROPER Biru yang diraih Jasa Medivest maka perusahaan akan terus mengedepankan komitmen ramah lingkungan dalam upaya pengelolaan limbah B3 Infeksius melalui pengangkutan, dan pengolahan limbahnya yang mumpuni di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat

“Terima Kasih atas Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) berupa Peringkat Biru yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk Jasa Medivest, tentunya hal ini menjadi motivasi kami untuk terus bergiat, menjadi pelaku usaha jasa pengelolaan limbah B3 Infeksius yang taat regulasi, dengan tetap berfokus pada upaya pelestarian lingkungan,” ungkap Direktur PT Jasa Medivest Olivia Allan.

Dia menambahkan bahwa pada 2022, Jasa Medivest bakal terus menggenjot pengembangan usaha pengelolaan limbah secara terpadu, melalui percepatan pembangunan dua mesin incinerator yang dilengkapi air pollution control dan teknologi yang ramah lingkungan. “Dengan kemampuan masing-masing mesin untuk memusnahkan load limbah medis padat 500 kg/jam, sehingga kelak plant Jasa Medivest di Dawuan, Cikampek, Kabupaten Karawang semakin optimal memusnahkan limbah B3 infeksius sebanyak 48 ton per harinya,” kata Olivia.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN