Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bank Aladin (BANK) Gandeng Plastic Bank Cegah 20 Ribu Kg

Bank Aladin (BANK) Gandeng Plastic Bank Cegah 20 Ribu Kg

Bank Aladin (BANK) Gandeng Plastic Bank Cegah 20 Ribu Kg Sampah Plastik Cemari Laut

Rabu, 9 Nov 2022 | 13:10 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) mengumumkan kolaborasi dengan PT Plastic Bank Indonesia (Plastic Bank), sebuah usaha sosial berbasis teknologi yang memberdayakan para Pahlawan Samudra untuk mencegah pencemaran limbah plastik di laut serta meningkatkan taraf hidup komunitas pengumpul sampah.

Presiden Direktur Bank Aladin Syariah (BANK) Dyota Marsudi menjelaskan, kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi salah satu isu lingkungan yang paling mendesak di Indonesia dan di dunia yaitu dampak negatif limbah plastik di lingkungan. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara ekonomi kepada komunitas pengumpul plastik yang tinggal di sekitar pesisir laut.

“Kolaborasi antara Aladin dan Plastic Bank Indonesia secara langsung akan membantu pengumpulan 20 ribu kilogram sampah plastik atau setara dengan lebih dari 1 juta botol plastik, agar tidak menyebabkan polusi plastik di perairan dan lautan Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan pers, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Bank Aladin (BANK) Raih Lebih dari 1 Juta Nasabah Setahun

Advertisement

Tidak hanya itu, lanjut Dyota, Kerja sama ini menunjukkan komitmen Aladin terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang digagas oleh Perserikatan Bangsa Bangsa, dan mendukung pengembangan masyarakat melalui implementasi program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Menurut Dyota, hal itu karena perseroan sangat prihatin terhadap kondisi perairan dan lautan di Indonesia yang banyak tercemar oleh polusi plastik. Melalui kolaborasi ini, kami berharap agar Aladin dapat membantu mewujudkan lingkungan dan lautan Indonesia yang bersih dari limbah plastik, sekaligus memberikan manfaat ekonomi kepada para komunitas pengumpul plastik yang tinggal di pesisir laut.

Baca juga: AladinMall dan Sirclo Kerja Sama Tingkatkan Layanan ke Merchant 

“Kami yakin bahwa kemitraan ini dapat menginspirasi pihak lain untuk turut mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang plastik untuk melestarikan lingkungan dan lautan sambil menciptakan dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial yang lebih besar,” ujarnya.

Plastic Bank Indonesia telah mengidentifikasi lebih dari tiga ratus titik di wilayah pesisir pantai Indonesia yang membutuhkan infrastruktur pengumpulan plastik, memberdayakan pengepul lokal untuk mendirikan cabang pengumpulan plastik di lokasi yang strategis, serta membentuk komunitas pengumpul plastik untuk mencegah polusi plastik di perairan dan lautan.

Sampah plastik yang dikumpulkan nantinya dapat ditukarkan di cabang Plastic Bank dengan berbagai macam manfaat yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup komunitas dan mengamankan pendapatan, sehingga membantu mengatasi kemiskinan. Selain itu, komunitas Plastic Bank juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti akses terhadap BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, konektivitas digital, dan layanan sosial lainnya.

Baca juga: Aladin Bank Luncurkan Fitur Tarik Setor Tunai di Gerai Alfamart

Sementara itu, Country Manager Plastic Bank Indonesia Frederick Saman menambahkan, Plastik Bank Indonesia bangga bermitra dengan Aladin dalam misi pelestarian lingkungan dan lautan Indonesia sekaligus mengurangi kemiskinan di kalangan pengumpul sampah plastic. Melalui kerjasama ini, pihaknua turut mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi 70% sampah plastik yang berakhir di lautan pada tahun 2025.

“Kami berharap kerjasama ini akan membangkitkan semangat para pemangku kepentingan lainnya untuk mengambil tindakan nyata dan menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi polusi plastik di laut, sembari mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian Indonesia,” tutup Frederick.  

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com