Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Istini Siddharta, Direktur Utama ANJ saat menerima penghargaan ESG Award 2021

Istini Siddharta, Direktur Utama ANJ saat menerima penghargaan ESG Award 2021

Austindo Nusantara Jaya Raih Penghargaan ESG Award 2021

Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:14 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) dianugerahi penghargaan Disclosure Rating Leadership A dalam acara “Environment, Social, Governance (ESG) Disclosure Award 2021” pada 27 Oktober 2021.

Berdasarkan keterangan resmi, Kamis (28/10), penghargaan tersebut diterima perseroan dalam acara yang digelar Majalah Investor - Beritasatu Media Holdings (BSMH) yang bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF), merupakan ajang pemberian apresiasi kepada perusahaan yang memiliki komitmen pengungkapan ESG.

Founder Bumi Global Karbon Foundation Deni Daruri mengatakan, perhitungan skor pengungkapan disclosure ESG Award dilakukan melalui analisa sustainability reporting untuk menentukan tingkat transparansi ESG yang menggunakan faktor-faktor ESG yang relevan.

Para penerima ESG Disclosure Awards 2021, di antaranya, Direktur Operasi & Produksi PT Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, VP Investor Relation PT Pertamina Juferson Victor Mangempis, Direktur Utama PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Istini Tatiek Siddharta, General Manager Corporate ecretary Phapros Zahmilia Akbar, Corporate Credit Risk Management Head Bank OCBCNISP Cindy Siauw, Direktur SDM & Umum PT Jakarta Propertirindo M. Taufiqurachman, Direktur PT Bank Pan Indonesia Tbk Haryono Wongsonegoro, Corporate Secretary PT Bank Mayapada International Tbk Jennifer Ann, Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Beton Tbk Yuherni Sisdwi Rachmiyati, bersama Founder BGK Foundation Deni Daruri dan Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Primus Dorimulu saat acara  ESG Disclosure  Awards 2021, Rabu (27/10/2021). Ajang penghargaan yang digelar Majalah Investor - Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) ini diberikan sebagai apresiasi kepada perusahaan yang memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG (Environment, Social & Governance). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Para penerima ESG Disclosure Awards 2021, di antaranya, Direktur Operasi & Produksi PT Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, VP Investor Relation PT Pertamina Juferson Victor Mangempis, Direktur Utama PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Istini Tatiek Siddharta, General Manager Corporate ecretary Phapros Zahmilia Akbar, Corporate Credit Risk Management Head Bank OCBCNISP Cindy Siauw, Direktur SDM & Umum PT Jakarta Propertirindo M. Taufiqurachman, Direktur PT Bank Pan Indonesia Tbk Haryono Wongsonegoro, Corporate Secretary PT Bank Mayapada International Tbk Jennifer Ann, Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Beton Tbk Yuherni Sisdwi Rachmiyati, bersama Founder BGK Foundation Deni Daruri dan Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Primus Dorimulu saat acara ESG Disclosure Awards 2021, Rabu (27/10/2021). Ajang penghargaan yang digelar Majalah Investor - Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerjasama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) ini diberikan sebagai apresiasi kepada perusahaan yang memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG (Environment, Social & Governance). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

“BGKF telah mengidentifikasi 33 faktor utama ESG berdasarkan studi peraturan, perjanjian internasional serta standar pedoman pelaporan,” ujar Deni.

Kriteria tersebut antara lain mencakup kriteria faktor ESG unggulan dari pasar modal The Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan Task Force on Cilamte-related Financial Disclosure (TFCD), serta Carbon Disclosure Project (CDP). Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi sustainability reporting perusahaan dan cara menjaga operasi bisnis yang sustainable.

Direktur Utama Austindo Nusantara Jaya Istini T Siddharta mengatakan, ESG dalam satu perusahaan merupakan tanggung jawab bersama baik pemangku kepentingan internal maupun eksternal, sehingga implementasinya membutuhkan kolaborasi penuh di antara para pihak tersebut.

Menurut Istini, penghargaan ini menunjukukan bahwa kolaborasi tersebut telah berjalan dengan baik. Hal ini sejalan dengan ambisi perseroan untuk menjadi perusahaan yang terkemuka dalam keterbukaan dan pengungkapan ESG serta pelopor dalam penerapan ESG yang memberikan sumbangsih terhadap keberlanjutan pada tingkat global.

Direktur Utama PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Istini Tatiek Siddharta saat acara  ESG Disclosure  Awards 2021, Rabu (27/10/2021).  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Direktur Utama PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Istini Tatiek Siddharta saat acara ESG Disclosure Awards 2021, Rabu (27/10/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

“Kami sangat gembihar bahwa dalam penilaian ini Bumi Global Karbon sudah menggunakan 33 faktor utama ESG yang banyak kesamaannya dengan kriteria yang digunakan oleh perusahaan rating ESG internasional. Kami juga berharap penghargaan ini turut menunjukan kepada publik dan pemangku kepentingan kami bahwa perseroan adalah salah satu perusahaan di industri kelapa sawit yang berkomitmen pada keberlanjutan. Saya berharap kita dapat semakin melangkah maju dalam mencintai, melindungi dan mewariskan bumi yang lestari untuk generasi yang akan datang,” ujar Istini.

Untuk diketahui tahun ini adalah tahun kedua ESG Disclosure Awards diselenggarakan oleh BSMH dan BGKF. Pada tahun sebelumnya, perseroan juga telah berhasil meraih empat penghargaan dalam ajang “ESG Award 2020” dalam kategori, pertama pengungkapan ESG emiten pertanian dan peternakan terbaik. Kedua, pengungkapan environmental, emiten pertanian dan peternakan terbaik. Ketiga, pengungkapan sosial emiten pertanian dan peternakan terbaik. Keempat, pengungkapan governance emiten pertanian dan peternakan terbaik. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN