Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bus listrik baru buatan Foxconn yang dipamerkan selama pembukaan di pusat pameran Nangang di Taipei, Taiwan pada 18 Oktober 2021. ( Foto: STR / CNA / AFP )

Bus listrik baru buatan Foxconn yang dipamerkan selama pembukaan di pusat pameran Nangang di Taipei, Taiwan pada 18 Oktober 2021. ( Foto: STR / CNA / AFP )

Foxconn Memperkenalkan Kendaraan Listrik

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:30 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

TAIPEI, investor.id - Raksasa teknologi Taiwan, Foxconn meluncurkan tiga kendaraan listrik (EV) pada Senin (18/10). Perusahaan yang selama ini dikenal sebagai penyedia komponen komputer tersebut berambisi menjadi pemain utama di pasar EV yang berkembang pesat.

Saat ini, perusahaan tersebut juga mencari perusahaan untuk bermitra. Produsen elektronik kontrak terbesar di dunia tersebut telah memainkan peran penting dalam perakitan iPhone Apple serta peranti untuk segudang merek internasional terkemuka.

Tetapi perusahaan telah bergerak cepat untuk melakukan diversifikasi di luar perakitan elektronik dan telah menanamkan uang ke dalam inovasi kendaraan listrik. Termasuk investasi di usaha patungan dengan produsen mobil lokal Yulon Motor dan membeli pabrik mobil yang sedang kesulitan di Ohio.

Model yang diluncurkan Senin yakni sedan, SUV, dan bus, adalah kendaraan konsep yang diharapkan bisa dibangun bersama produsen lain.

"Foxconn bukan lagi anak baru di kota," kata Chairman Foxconn Young Liu pada upacara pembukaan di Taipei, Senin (18/10).

Pendiri Foxconn Terry Gou mengendarai sedan Model E milik perusahaan ke acara presentasi. Ia mengatakan produk EV perusahaan telah menunjukkan kekuatan industri Taiwan secara keseluruhan.

Perwakilan perusahaan itu mengatakan, sebuah kendaraan sport berwarna putih Model C diperkirakan memasuki pasar Taiwan pada 2023 dengan label harga tertentu di bawah Tw$ 1 juta (setara US$ 357.000).

Bus listrik Model T Foxconn dapat mulai beroperasi di Kaohsiung selatan pada awal tahun depan, jika lolos dari tinjauan kementerian transportasi. Hal ini diungkapkan Wakil Perdana Menteri Taiwan Shen Jong-chin.

Foxconn telah menyalurkan sekitar Tw$10 miliar (US$ 355 juta) untuk pengembangan mobil listrik pada 2020. Perusahaan juga mengatakan investasinya akan meningkat selama dua tahun ke depan.

"(Perusahaan) secara bertahap membangun rantai pasokan dan jaringan distribusi kendaraan listrik," ungkap Liu.

Sementara itu, satu kemitraan baru diumumkan hampir setiap bulan tahun ini. Di antara mitranya baru-baru ini adalah Fisker, salah satu dari sejumlah perusahaan perintis (startup) mobil elektronik yang berbasis di AS yang berharap suatu hari nanti menantang supremasi Tesla.

Kedua perusahaan mengumumkan rencana untuk bersama-sama mengembangkan mobil listrik yang dijual dengan merek Fisker, dengan tujuan untuk mulai memproduksi kendaraan pada akhir 2023.

Telah dilaporkan secara luas selama bertahun-tahun bahwa Apple memiliki proyek mobil elektronik rahasia. Foxconn bisa berada di tempat yang ideal untuk bermitra dengan Apple, mengingat hubungan yang ada dengan raksasa California tersebut.

Peluncuran model Foxconn dilakukan ketika pembuat mobil menderita kekurangan pasokan semikonduktor global, setelah pandemi virus corona menyebabkan pembelian elektronik dan suku cadang komputer meroket.

Beberapa perusahaan chip berteknologi tinggi Taiwan adalah beberapa yang terbesar dan tercanggih di dunia, serrta stelah meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN