Menu
Sign in
@ Contact
Search
Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian LHK, Laksmi Dhewanthi, menyampaikan sambutan di acara ESG Disclosure Award yang digelar secara online, Rabu (26/10/2022).

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian LHK, Laksmi Dhewanthi, menyampaikan sambutan di acara ESG Disclosure Award yang digelar secara online, Rabu (26/10/2022).

KLHK: ESG Disclosure Awards 2022 Bantu Tingkatkan Literasi Masyarakat

Rabu, 26 Okt 2022 | 15:37 WIB
Indah Pudjiastuti (redaksi@investor.id)

Jakarta, investor.id – Majalah Investor bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation kembali menyelenggarakan ESG Disclosure Awards 2022.

ESG Disclosure Awards ini merupakan bukti komitmen kedua pihak, dalam menjaga bumi sekaligus mendorong dunia usaha untuk mengimplementasikan green economy

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi, mengatakan awards ini merupakan kontribusi nyata dari kalangan media dalam meningkatkan literasi kepada masyarakat khususnya di bidang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.  

"Dengan memperhatikan ESG, investasi didorong untuk mempertimbangkan beberapa kriteria lingkungan hidup, diantaranya penggunaan sumber energi baru dan terbarukan, program dan pengelolaan limbah dan sampah," kata Laksmi saat menyampiaikan sambutannya, pada acara ESG Disclosure Awards yang diselenggarakan secara daring dari Jakarta pada, Rabu (26/10/2022). 

Advertisement

Selain itu, lanjut Laksmi upaya-upaya untuk menangani potensi masalah-masalah pencemaran baik udara atau air juga sangat penting dilakukan oleh semua pihak. 

Dikatakan, undang-undang mengamanatkan, setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat. Mandat tersebut mendorong komitmen Indonesia mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sehingga Indonesia turut bersama negara-negara global mengikuti agenda lingkungan hidup secara global dalam memperkuat komitmen dan meningkatkan target-targetnya. 

"Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Strategi Jangka Panjang Pembangunan Rendah Emisi Karbon dan Berketahanan Iklim atau Long Term Strategy for Low Carbon and Climate Resilience (LTS LCCR ) 2050, merupakan kontribusi Indonesia dalam mencapai tujuan global. "Dokumen LTS LCCR 2050 in memuat visi Indonesia menuju zero emisi di tahun 2050 atau lebih cepat," terang Laksmi.

Pada 23 September 2022, Indonesia telah menyampaikan dokumen Enhanced National Determined Contribution (NDC). Dalam dokumen ini ada banyak hal yang dimutakhirkan yakni peningkatan target emisi, berbagai perkembangan kebijakan dan program-program nasional, kebijakan adaptasi perubahan iklim dan kerangka transparansi. 

Dijelaskan, dalam dokumen Enhanced NDC ini, pada skenario pertama yang merupakan skenario tanpa syarat, Indonesia target penurunan emisi gas rumah ditingkatkan menjadi 31,98%. Untuk skenario kedua dengan syarat apabila Indonesia mendapat dukungan Internasional, target penurunan emisi Indonesia meningkat menjadi 43,2% dari sebelumnya 41% pada tahun 2030. 

Lebih lanjut, Laksmi mengucapkan selamat bagi perusahaan atau korporasi yang mendapatkan predikat Leadership AAA untuk Sustainability Reporting. "Semoga pencapaian tersebut dapat memotivasi tidak hanya perusahaan tersebut, tapi juga lebih banyak perusahaan atau korporasi lainnya untuk menyusun Sustainability Report yang lebih baik dan tentu saja melakukan perbaikan atau continuous improvement pada segala kegiatan dan aktivitas operasinya di masa mendatang," kata Laksmi. 

Selain itu, lanjut Laksmi, terlebih lagi untuk memastikan kontribusi nyata terhadap perbaikan kualitas lingkungan di Indonesia dan juga berkontribusi kepada peningkatan kualitas lingkungan hidup secara global. 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com