Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih. (Youtube)

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih. (Youtube)

Berkontribusi dalam Penurunan Emisi Karbon

XL Axiata Gulirkan Inisiatif ‘Green BTS’

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:04 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - XL Axiata, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka, saat ini mulai fokus pada program yang dikhususkan untuk penyelamatan lingkungan. Berbagai inisiatif dilaksanakan untuk mengoptimalkan energi yang digunakan, sehingga mencapai tingkat yang efektif. Salah satu inisiatif yang digulirkan ‘Green BTS’.

Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk Tri Wahyuningsih mengatakan, XL Axiata mencanangkan beberapa program penghematan energi pada infrastruktur base transceiver station (BTS), atau ‘Green BTS’, berupa Intelligent Ventilation Cooling System (IVS), dengan cara penggunaan kipas angin DC  dan Air Conditioning.

“(AC) sebagai sistem pendingin di BTS, sehingga pengoperasian AC berkurang hingga 30%. Kemudian, ada penggunaan BTS Single RAN, yakni penggabungan beberapa tipe BTS menjadi satu untuk menekan konsumsi energi hingga 60%,” ujar Ayu, panggilan Tri Wahyuningsih, kepada Investor Daily, dikutip Jumat (15/10).

Selanjutnya, implementasi ‘Green BTS’ melalui modernisasi jaringan dengan perangkat berteknologi terkini, sehingga mampu menghemat 50% penggunaan energi. Penggunaan Hybrid System Charge Discharge Battery (CDC) pada BTS di areal remote nonlistrik, sehingga konsumsi solar disebutnya berkurang sampai 54%.

Selain itu, perseroan mulai menggunakan refrigeran baru untuk pendinginan BTS dan kantor-kantor XL Axiata guna mengurangi konsumsi listrik.

“Ke depan, perusahaan akan lebih fokus untuk mengimplementasikan berbagai solusi dalam menekan konsumsi energi yang berimplikasi terhadap penurunan emisi karbon,” tegasnya.

Semua program tersebut dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing BTS XL Axiata yang tersebar di lebih dari 95% populasi Indonesia.

Ayu pun mengaku, XL Axiata sampai mengeluarkan anggaran khusus untuk melaksanakan program-program tersebut sebagai bagian dari belanja modal (capital expenditure/capex), tanpa mau menyebutkan nilainya.

“Ya, saat ini, ada alokasi anggaran khusus yang sudah diperhitungkan di dalam capex perusahaan. Hal ini merupakan salah satu upaya perusahaan yang berfokus pada inisiatif yang sejalan dengan rencana bisnis terkait pengurangan konsumsi energi,” tutur dia.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan bahwa XL Axiata bersama dengan grup perusahaan Axiata sedang melakukan perencanaan dalam komitmen menuju proses bisnis bebas emisi karbon (Zero Net Carbon) tahun 2050.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap gerakan global dari GSMA (Global System for Mobile Communications Association) untuk seluruh perusakaan telekomunikasi di dunia dalam pencapaian bisnis yang bebas emisi karbon,” ujarnya.

Program ESG dan CSR

Sementara itu, XL Axiata juga punya berbagai kegiatan untuk mendukung dan mewujudkan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang lebih baik (environment, social, and good governance/ESG).

Dalam mendukung dan mewujudkan ESG, XL Axiata melakukan berbagai kegiatan, antara lain dengan mendukung penuh penanganan pandemi Covid-19, mendidik dan mengembangkan talenta internal perusahaan melalui berbagai kebijakan dan pelatihan, serta mengedepankan hak pekerja, keberagaman, dan kesetaraan gender.

Selain itu, perusahaan menerapkan penerapan prinsip-prinsip GCG (good gorporate governance), manjujung tinggi etika dalam berbisnis, mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan, serta mengadakan program-program corporate social responsibility (CSR) yang berkelanjutan, antara lain Sisternet, Laut Nusantara, BERBAGI, GDK, dan XL Future Leader.

Perseroan, seperti disebutkan di atas, telah mengimplementasikan ‘Green BTS’ sebagai salah satu upaya untuk mengurangi emisi karbon. “Kami sepenuhnya mengedepankan pelayan terbaik untuk konsumen. Detail kegiatan bisa mengacu pada sustainability report perusahaan,” tutur Ayu.

Dia menyebut, kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas merupakan kegiatan berkelanjutan yang dijalankan setiap tahunnya, dengan berbagai penyesuaian yang diadaptasi dengan kondisi dan situasi.

Kerja Sama

Sementara itu, Ayu juga menyampaikan,  program-program CSR yang dilaksanakan oleh XL Axiata pada umumnya banyak bekerja sama dengan berbagai kementerian/lembaga pemerintah.

Program Laut Nusantara, aplikasi untuk nelayan, dilaksanakan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sisternet dilaksanakan bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Ada juga program XL Future Leader dilaksanakan bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” pungkas Ayu.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN