Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

BKPM Gelar KP3MN Jalin Harmonissi Pusat-Darerah

Minggu, 12 April 2015 | 04:59 WIB
ah

JAKARTA- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan kegiatan Koordinasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal Nasional (KP3MN) di Surabaya pada 14-15 April 2015.

Kegiatan yang digelar dua hari itu dilakukan sebagai upaya harmonisasi dan koordinasi program atau kegiatan peningkatan investasi antara pemerintah pusat dan daerah. "Kami mendorong pemerintah daerah untuk bersama-sama mengharmonisasikan program dan kegiatan peningkatan investasi agar target realisasi Rp519 triliun dapat tercapai pada akhir tahun ini," kata Kepala BKPM Franky Sibarani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta.

Franky mengatakan hal yang tak kalah penting adalah mensinergikan kebijakan atau regulasi yang pro investasi baik di pusat maupun daerah, khususnya kebijakan pelayanan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Kami mendorong pemerintah daerah untuk dapat mewujudkan atau mereplika PTSP Pusat yang ada di BKPM serta menggunakan sistem daring (online) yang terintegrasi dengan PTSP Pusat," katanya.

Ia juga menuturkan, dalam ruang lingkup kewenangan perizinan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, BKPM dengan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) senantiasa berupaya untuk terus menerus memperbaiki diri  Terutama dalam meningkatkan fungsi penanaman modal yang berkualitas, transparan dan profesional, mulai dari perencanaan, promosi terutama untuk sektor-sektor penanaman modal yang berkualitas, pelayanan dan pengendalian pelaksanaan penanaman modal.

Kegiatan yang akan dihadiri para pejabat BPMPTSP provinsi dan kabupaten/kota itu akan dihadiri oleh sejumlah menteri yang rencananya juga akan memberikan paparan.

Diantaranya yaitu Menko Bidang Perekonomian Sofyan Djalil yang akan memaparkan "Arah Kebijakan Pembangunan Ekonomi Nasional Tahun 2015-2019", Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dengan paparan "Percepatan Dan Penyederhanaan Perizinan Di Daerah", serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya tentang "Konversi Kawasan Hutan dan Kelestarian Lingkungan Hidup Bagi Pembangunan Nasional".

Narasumber lainnya yang diharapkan hadir adalah Duta Besar RI untuk Singapura, Korea Selatan dan Tiongkok yang akan memaparkan upaya diplomasi ekonomi bagi penguatan perekonomian nasional. Kepala perwakilan Indonesia tersebut diharapkan berbagi pengalaman dalam upaya menarik investasi dan melakukan lobi-lobi bagi kepentingan perekonomian nasional.(*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN